Ribuan Mushaf Al-Qur’an Dihadiahkan untuk Anak-anak Rohingya di Myanmar dan Bangladesh

Lebih dari dua ribu mushaf Al-Qur’an pemberian para dermawan didistribusikan untuk anak-anak Rohingya di Rakhine, Myanmar, dan Cox's Bazar, Bangladesh. Lewat bantuan ini, diharapkan anak-anak tersebut dapat memperkuat tadarusnya selama Ramadan.

act bantu rohingya
. Anak-anak Rohingya di Rakhine, Myanmar menerima bantuan mushaf Al-Qur’an dari dermawan. (ACTNews)

ACTNews, RAKHINE, COX’S BAZAR – Anak-anak Rohingya di salah satu kamp pengungsian di negara bagian Rakhine, Myanmar berkumpul di dalam bangunan sederhana beratap dan berdinding kayu pada Sabtu (23/4/2022). Bangunan ini digunakan sebagai tempat pertemuan kegiatan-kegiatan penting. Hari itu memang ada sesuatu agenda penting: distribusi bantuan mushaf Al-Qur’an.

Anak-anak Rohingya pun terlihat sangat antusias menyambut kegiatan ini, mereka menggunakan pakaian rapi. Anak laki-laki menggunakan baju muslim lengkap dengan kopiah dan perempuan menggunakan jilbab.

Satu persatu anak-anak Rohingya tersebut duduk dengan rapi menunggu mushaf yang akan mereka terima. Sebanyak 1.610 mushaf bentuk kedermawanan masyarakat Indonesia pun diberikan. Ada yang berwarna hijau, merah, biru, dan coklat lengkap dengan penanda halaman berupa kain kecil berwarna merah.

Firdaus Guritno dari tim Global Humanity Network ACT mengatakan, para dermawan berharap agar bantuan mushaf Al-Qur’an ini bisa menambah intensitas tadarus anak-anak Rohingya di bulan suci Ramadan.

"Di Myanmar, etnis Rohingya tidak diakui sebagai warga negara. Mereka kesulitan memperoleh akses kesehatan, pendidikan dan perumahan yang layak. Kekerasan pun terus terjadi seperti tak berkesudahan. Banyak dari mereka yang bertahan hidup dengan harta benda yang seadanya. Hal ini juga membuat mereka kesulitan untuk memiliki mushaf Al-Quran sendiri," ujar Firdaus.

Pada hari yang sama, aksi serupa juga dilakukan Cox’s Bazar, Bangladesh. Lebih dari 800 mushaf Al-Qur’an didistribusikan ke anak-anak Rohingya yang telah bertahun-tahun tinggal di kamp pengungsian yang kondisinya memprihatinkan tersebut.

"Total lebih dari 2.000 penerima manfaat terjangkau dalam aksi distribusi mushaf Al-Qur’an ini. Selain untuk anak-anak, Al-Qur’an ini juga bisa dimanfaatkan orang-orang dewasa untuk memperdalam kemampuan membaca ayat, serta memperdalam pengetahuan agamanya," pungkas Firdaus. []