Ribuan Mushaf Al-Qur’an Jadi Kado Terindah Warga Gaza di Bulan Ramadan

Al-Qur’an dibagikan ke masjid, institusi Al-Qur’an, pusat hafalan dan halaqah yang membutuhkan bantuan pengadaan dan kekurangan mushaf

Pembagian Al-Qur'an di salah satu sekolah di Gaza. (ACTNews)
Pembagian Al-Qur'an di salah satu sekolah di Gaza. (ACTNews)

ACTNews, GAZA – Anak-anak Palestina mendapat dukungan yang besar dari Sahabat Dermawan untuk mempelajari Al-Qur’an. Bentuk dukungan itu berupa pemberitan 1.115 mushaf Al-Qur’an yang didistribusikan dalam kurun waktu 22-29 April untuk para penerima manfaat di Gaza.

Para penerima manfaat itu berada di Gaza Utara meliputi Jabalia, Beit Hanoun, dan Beit Lahia. Ada juga di Gaza tengah meliputi Al-Zawayda, Bureij, Maghazi, Nuseirat, dan Deir Al-Balah. Juga hadir di Kota Khan Younis meliputi Abasan, Bani Suheila, Al-Qarara, Khuza'a, Al-Fukhari, Al-Mughraqa, serta Bagian Timur, Barat, dan Utara Kegubernuran Gaza.

Al-Qur’an dibagikan ke masjid, institusi Al-Qur’an, pusat hafalan, dan halaqah yang membutuhkan bantuan pengadaan dan kekurangan mushaf. Proyek ini merupakan jawaban akan kebutuhan warga Palestina terhadap Al-Qur’an.


Pembagian Al-Qur'an untuk Halaqah di Gaza. (ACTNews)

“Kami juga distribusikan Al-Qur’an ini kepada mereka yang tidak mampu membeli mushaf Al-Qur’an untuk keluarga mereka. Penerima Al-Quran terdiri dari 1.065 anak, 25 wanita, dan 25 laki-laki dewasa,” ujar Rami A. M. Shaheen, Projects Manager distribusi Al-Qur’an di Gaza.

Al-Qur’an yang didistribusikan memiliki dua dimensi ukuran yakni 14x20 sentimeter, yang merupakan ukuran kecil, untuk anak-anak dan 24x34 sentimeter, merupakan ukuran besar, untuk orang dewasa atau lansia. Model bacaannya adalah bentuk Imam Hafs to Asim yang mayoritas digunakan oleh Al-Qur’an di seluruh dunia. Sedangkan tulisannya bergaya Kufi Mesir (Egyptian Kufic).

Rami menceritakan, pembagian Al-Qur’an ini memiliki tiga tujuan utama yakni memenuhi kebutuhan masyarakat Gaza tentang Al-Qur’an, mendorong pengunjung masjid dan siswa di pusat hafalan Al-Qur’an untuk menghafal Al-Qur’an, serta merekatkan manusia dengan ayat suci Al-Qur’an sehingga bisa lebih damai dan tenang.