Ribuan Paket Daging Kurban Sapa Warga Surabaya

Ada ribuan paket daging kurban terdistribusi di Surabaya. Warga prasejahtera hingga santri menjadi sasaran sebagai penerima manfaat.

Salah satu warga Surabaya yang mendapatkan daging kurban. (ACTNews)

ACTNews, SURABAYA – Kembali, Iduladha bertepatan dengan mewabahnya Covid-19 di Indonesia. Menjelang hari raya, pemerintah menetapkan pembatasan aktivitas masyarakat demi memutus rantai penyebaran virus mematikan ini. Hal ini pun diperpanjang hingga 2 Agustus mendatang.

Namun, Global Qurban-ACT didukung relawan Masyarakat Relawan Indonesia mendobrak keterbatasan lewat kedermawanan masyarakat di momen berkurban. Di Surabaya misalnya, Global Qurban-ACT menghadirkan ribuan paket daging yang dibagikan ke warga prasejahtera yang terdampak pandemi. Sambutan hangat pun datang serta lantunan doa untuk para dermawan.

“Selama tiga hari, Global Qurban-ACT mendistribusikan ribuan paket daging kurban ke warga prasejahtera kota. Distribusi ini tak semata mengantarkan kebutuhan pangan di tengah pandemi, tapi juga syiar Islam untuk menguatkan masyarakat,” jelas Dipo Hadi dari tim Program ACT Surabaya, Kamis (22/7/2021).

Beberapa lokasi distribusi di wilayah Surabaya di antaranya di Beton Menganti, ex lokalisasi Dolly, Dharmahusada, Dukuh Pakis, Medokan Semampir Dam, Tambak Asri dan Kampung 1001 Malam. Warga pun begitu bahagia menerima daging kurban ini. Apalagi di kondisi serta terbatas seperti sekarang, daging kurban menjadi salah satu stok pangan menghadapi keterbatasan.

“Terimakasih banyak, kami warga penggusuran Medokan Semampir Dam sangat bahagia bisa merasakan daging sapi tahun ini. Karena kondisi kami yang tinggal di rumah-rumah bedeng ini jangankan untuk beli daging, bisa beli beras untuk makan sehari-hari sudah sangat bersyukur.” Ujar Santi, salah satu warga terdampak penggusuran di Medokan Semampir Dam.

Tak hanya menyapa warga prasejahtera kota, Global Qurban-Act juga mendistribusikan kebahagiaan di momen Iduladha ke pesantren-pesantren. Selain itu, berkolaborasi dengan Kodam V Brawijaya, Koarmada 2 TNI AL dan Direktorat Polisi Perairan Polda Jatim, daging kurban terdistribusi hingga ke warga prasejahtera yang lebih luas.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada ACT yang bekerja sama dengan Kodam V Brawijaya untuk penyembelihan dan pendistribusian kurban sapi tahun ini. Semoga Allah memberikan keberkahan bagi pekurban yang menunaikan kurbannya.” Ujar Jayak selaku Ketua Panitia Pelaksanaan Kodam V Brawijaya.[]