Ribuan Porsi Hidangan Lezat Humanity Food Truck Terhidang untuk Korban Banjir

Selain mengirimkan regu evakuasi, pendirian posko kemanusiaan serta dapur umum, ACT turut mengerahkan Humanity Food Truck dalam melayani korban banjir di Jabodetabek. Hingga kini total ada ribuan porsi makanan siap santap terhidang bagi penyintas banjir.

Ribuan Porsi Hidangan Lezat Humanity Food Truck Terhidang untuk Korban Banjir' photo
Relawan MRI-ACT membantu proses penyajian dan pengemasan makanan yang dimasak koki Humanity Food Truck untuk korban banjir di Jabodetabek. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA Hujan deras yang mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya pada akhir pekan kemarin memicu bencana banjir di sejumlah titik. Perkampungan padat penduduk di Ibu Kota Jakarta terendam dan memaksa penghuninya bertahan di lantai dua rumah atau mengungsi ke tempat yang lebih aman. Mereka bertahan di tengah bencana banjir dan pandemi dengan kondisi terbatas, termasuk kebutuhan pangan.

Merespons hal ini, Aksi Cepat Tanggap (ACT) mengerahkan armada kemanusiaan Humanity Food Truck ke berbagai titik bencana banjir. Ratusan porsi hidangan siap santap terjadi dari sana. Penyintas banjir menjadi target utama penerima makanan siap santap tersebut.

Ryan Andriana, Koordinator Humanity Food Truck mengatakan, pengerahan truk berdapur ini dilakukan secepatnya demi memenuhi kebutuhan warga. Pada Ahad (21/2/2021) kemarin misalnya, truk rakitan Karoseri New Armada di Magelang, Jawa Tengah ini dikirim untuk melayani penyintas banjir di Cipinang Melayu, Jakarta Timur. Di wilayah yang sering dilanda banjir tersebut, Humanity Food Truck menyajikan makanan bergizi untuk ratusan warga terdampak banjir.

“Saat ini makanan siap santap menjadi kebutuhan yang mendesak karena penyintas banjir sulit jika harus mengolah sendiri makanan mentah,” jelas Ryan.

Selain di Jakarta Timur, tambah Ryan, Humanity Food Truck juga hadir di wilayah banjir lainnya, yaitu Jakarta Selatan dan Bekasi. Total sudah ribuan porsi makanan siap santap terdistribusi ke korban terdampak banjir di Jakarta dan sekitarnya.

“Selain lokasi bencana di sekitar Jabodetabek, ACT pun mendatangkan Humanity Food Truck di lokasi gempa Sulawesi Barat dan banjir besar di Kalimantan Selatan. Hingga hari ini, dua armada truk berdapur tersebut masih menjalan misi kemanusiaan di sana,” tambah Ryan.[]