Ribuan Porsi Makanan Penuhi Pangan Warga Terdampak Covid-19 di Mataram

Berkolaborasi dengan Bank Dinar, selama dua pekan ACT mendistribusikan makanan siap santap untuk warga prasejahtera di Mataram. Hidangan ini hadir untuk merespons kebutuhan pangan masyarakat di tengah pandemi.

Ribuan Porsi Makanan Penuhi Pangan Warga Terdampak Covid-19 di Mataram' photo
Pendistribusian makanan siap santap dari ACT NTB dan Bank Dinar untuk masyarakat prasejahtera. (ACTNews)

ACTNews, MATARAM – Hadirnya pandemi Covid-19 membawa dampak yang cukup signifikan bagi perekonomian pekerja dengan gaji harian. Ketika belum adanya bencana nonalam ini,  mereka terkadang bisa mengantongi uang yang cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Namun, saat ini untuk mengambalikan modal saja dirasa sangat sulit karena sepinya pelanggan dan melemahnya perekonomian.

Eko, seorang sopir taksi di Mataram, menjadi salah satu pekerja yang merasakan dampak pandemi ini. Sebelumnya, Eko bisa mengantongi uang hingga Rp500 ribu per hari. Jumlah tesebut mampu menghidupi keluarga. Akan tetapi, sejak Covid-19 mewabah di Indonesia, uang yang bisa didapatnya hanya Rp100-150 ribu saja. Uang tersebut hanya bisa untuk membeli bensin sebagai modal serta setoran ke pemilik taksi. “Sekarang pilih di rumah saja, kalau tetap narik taksi dengan kondisi sepi bisa rugi bahan bakar,” ungkapnya, Selasa (30/6).

Merespons kebutuhan di tengah pandemi, Aksi Cepat Tanggap (ACT) berkolaborasi dengan Bank Dinar NTB melakukan distribusi makanan siap santap bagi masyarakat prasejahtera dan pekerja harian. Sebanyak 100 porsi makanan siap santap didistribusikan setiap harinya sejak 16 hingga 29 Juni lalu. Totalnya ada 1.400 porsi makanan terdistribusi.

“Pendistribusian ini dibantu oleh tim Masyarakat Relawan Indonesia yang selalu meluangkan waktunya untuk masyarakat,” jelas Romi Saefudin dari Tim Program ACT Nusa Tenggara Barat.

Direktur Utama Bank Dinar Mustaen berharap, kesulitan ekonomi yang sedang dirasakan masyarakat segera berlalu. Pasalnya, nyaris semua aspek ekonomi sedang lesu dan dampaknya ke masyarakat, khususnya mereka yang prasejahtera. “Dengan terlibatnya Bank Dinar dalam aksi kemanusiaan ini diharapkan mampu menunjang kebutuhan makana siang masyarakat prasejahtera tanpa mengeluarkan biaya,” jelasnya, Selasa (30/6).

ACT sendiri selama pandemi ini memang memilik berbagai program untuk pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat. Melalui Operasi Pangan Gratis, telah ribuan orang yang menerima manfaatnya di berbagai penjuru Nusantara.[]