Ribuan Porsi Makanan untuk Pengungsi Kamp Al-Nuseirat dari Dermawan Indonesia

Armada Humanity Food Truck kali ini singgah ke Kamp Al-Nuseirat di Deir al-Balah, Kota Gaza. Lebih dari seribu porsi makanan siap saji diberikan secara gratis untuk pengunsi internal di sana.

bantuan makanan palestina
Humanity Food Truck membagikan makanan siap santap untuk pengungsi internal di Kamp Al-Nuseirat. (ACTNews)

ACTNews, GAZA – Humanity Food Truck yang beroperasi di Palestina singgah ke Kamp Al-Nuseirat yang terletak lima kilometer di timur laut Deir al-Balah. Kamis (19/5/2022), armada yang memiliki dapur modern di dalamnya ini, mendistribusikan 1.200 porsi makanan siap santap untuk penduduk Gaza di sana.

Said Mukaffiy dari tim Global Humanity Network-ACT, menjelaskan, ribuan pengungsi internal di Al-Nuseirat sangat antusias ketika menerima makanan siap saji yang berisi nasi beriani dengan potongan daging ayam berukuran bersar di dalamnya ini.

Makanan-makanan tersebut, dikatakan Said, dibuat langsung oleh juru masak dari tim ACT Palestina, di dapur yang terdapat dalam Humanity Food Truck. Berbagai peralatan modern yang tersedia di armada tersebut memang memungkinkan juru masak untuk membuat berbagai olahan makanan.

"Juru masak di sana selalu mengutamakan kebersihan ketika memasak, sehingga makanan yang dihasilkan pun terjamin mutunya. Usai makanan siap, kemudian para relawan akan membagikan makanan tersebut langsung ke tenda-tenda tempat tinggal para pengungsi. Hidangan ini merupakan buah kedermawanan masyarakat Indonesia," jelas Said, Sabtu (21/5/2022). 

Anak-anak menjadi salah satu target utama dalam distribusi makanan kali ini. Said menyebut, banyak anak-anak di kamp pengungsian kerap kesulitan mendapatkan makanan dan kebutuhan hidup yang layak. Padahal, banyak anak-anak Palestina yang sedang berada pada fase pertumbuhan.

"Dengan aksi ini, kita bisa memenuhi kebutuhan akan makanan yang sehat dan bergizi, yang sangat diperlukan agar mereka dapat tumbuh dengan sehat dan ceria," kata Said.

Lebih lanjut, Said mengatakan, Humanity Food Truck yang digunakan dalam aksi ini merupakan armada yang baru diresmikan pada April lalu. Saat ini, total sudah ada tiga armada Humanity Food Truck yang beroperasi di Palestina.

"Armada ini bisa hadir berkat sedekah terbaik Sahabat Dermawan untuk warga Palestina. Di mana warga Gaza saat ini semakin terdesak oleh blokade Israel yang telah berlangsung belasan tahun. Insyaallah, melalui armada kemanusiaan ini, kedermawanan akan lebih mudah tersampaikan," pungkasnya.[]