Riuh, Berbuka Bersama Jakarta Bahagia Dihadiri Anies Baswedan

Ribuan warga itu berbondong-bondong memasuki masjid, menanti kedatangan Gubernur DKI Jakarta.

Riuh, Berbuka Bersama Jakarta Bahagia Dihadiri Anies Baswedan' photo

ACTNews, JAKARTA UTARA - Suasana Masjid At-Taubah Kampung Muka, Kecamatan pademangan, Jakarta Utara telah ramai sejak pukul 17.00 WIB, Kamis (30/5). Ribuan warga itu berbondong-bondong memasuki masjid, menanti kedatangan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.


Ya, kala itu, tengah berlangsung kegiatan iftar bersama “Berbuka Bersama Jakarta Bahagia”. Kegiatan iftar bersama itu diinisiasi oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang berkolaborasi dengan Aksi Cepat Tanggap dan sejumlah lembaga kemanusiaan lainnya.


Anies Baswedan tiba di Masjid At-Taubah sesaat menjelang waktu berbuka puasa. Keriuhan pun langsung terdengar ketika warga berteriak menyambut kedatangannya. Ibu-ibu Kampung Muka terutama, yang terlihat gembira ketika mendapat sapaan langsung dari Anies Baswedan.




“Alhamdulillah, kita semua di sini ditakdirkan bisa berkumpul untuk menjalani kegiatan berbuka puasa bersama. Ini hari ke-25, mudah-mudahan kita semua mendapat ketakwaan yang paling penuh,” kata Anies Baswedan saat memberikan sambutan singkatnya.


Anies Baswedan juga mengimbau warga Kampung Muka untuk tetap menjaga tali silaturahmi agar kian erat. Menurut Anies, kerja sama harus dibangun mulai dari persoalan kecil. Misalnya, dengan bantu menjaga keamanan lingkungan kampung selama libur Idulfitri.


“Warga yang tidak mudik, bisa membantu menjaga rumah-rumah warga yang pergi mudik. Jakarta ini sedang banyak PR (evaluasi). Jadi, mari kita semua jaga persaudaraan, mari jaga silaturahmi,” terang Anies Baswedan.




Tak lama kemudian azan Magrib berkumandang, Anies Baswedan beserta seluruh warga pun langsung menyantap panganan yang telah disediakan ACT dan lembaga kemanusiaan lainnya. Soleh selaku Kepala Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) At-Taubah pun mengucap syukur atas kedatangan gubernur di kampungnya.


“Terima kasih kepada Bapak Anies sudah bersedia datang ke kampung kami. Terima kasih juga kepada ACT dan lembaga lainnya, semoga kebaikan kalian semua dilimpahkan rahmat Allah SWT,” tutur Soleh.


Kemeriahan pun juga turut dirasakan seorang anak bernama Kris (11) yang mengaku bisa mengikuti kegiatan iftar bersama Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta. Bahkan Kris sempat menyinggung nama program “Berbuka Bersama Jakarta Bahagia. “Jakarta bahagia, kami bahagia,” teriaknya lugu.




Sudah berkolaborasi selama dua tahun berturut-turut, ACT dan Pemprov DKI Jakarta banyak memiliki momen kebersamaan dengan warga Jakarta. Termasuk momen berbuka puasa di Masjid At-Taubah, Kampung Muka, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara, Kamis (30/5).


Senior Vice President ACT N. Imam Akbari mengungkapkan, kolaborasi kemanusiaan antara ACT dan Pemprov DKI diharapkan dapat terus berlanjut. Tak hanya selama bulan suci Ramadan, tetapi juga pada momen istimewa dengan tujuan untuk membersamai masyarakat.


“Bahkan kalau bisa, kami (ACT) juga bisa bekerja sama dengan pemerintah daerah. Sehingga, jangkauan menjadi luas dan jumlah yang merasakan manfaatnya pun semakin banyak. Bismillah, demi masyarakat ACT akan terus berikhtiar yang terbaik,” tutup Imam. []

Bagikan