Rudi Sambut Hangat Operasi Pangan Murah

Di tengah impitan ekonomi dan ikhtiar mengobati anak yang mengalami bocor jantung, Rudi menerima Operasi Pangan Murah. Ia begitu hangat menyambut paket pangan terbaik setengah harga ini.

operasi pangan murah aceh
Rudi Hartono (49). (ACTNews)

ACTNews, BANDA ACEH – Jumat (5/11/2021) menjadi salah satu waktu momen bahagia bagi Rudi Hartono. Bukan tanpa sebab, di hari itu, ia menerima paket pangan Operasi Pangan Murah yang Aksi Cepat Tanggap Aceh gelar di Kantor Kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh. Hanya setengah harga, ia bisa membawa pangan berkualitas tersebut.

Adanya Operasi Pangan Murah amat disyukuri oleh Rudi. Hal tersebut karena, selama pandemi, kebutuhan pangan menjadi yang utama, sedangkan harga bahan pangan sempat mengalami kenaikan.

“Alhamdulillah ada yang menyediakan sembako dengan harga sangat terjangkau. Apalagi sekarang harga pada mahal, bingung jadinya,” ungkap Rudi.

Rudi merupakan seorang guru mengaji yang membuka kelasnya di rumah. Dari sana, ia mendapatkan pemasukan, di samping membuka warung kopi sederhana di rumahnya juga. Sedangkan untuk pengeluaran, selain pangan, Rudi juga harus membiayai sang anak yang tengah berjuang untuk sembuh. Sejak usia 2 setengah tahun, anak Rudi mengalami bocor jantung. Akan tetapi, selama pandemi yang nyaris dua tahun ini, pengobatannya tertunda.


Salah satu penerima Operasi Pangan Murah di Aceh. (ACTNews)

Berbagai langkah pengobatan telah Rudi tempuh agar anaknya sembuh. Bahkan, Rudi pernah membawa anaknya ke Jakarta untuk berobat, biaya jelas tak murah.

“Tidak ada pemasukan selain dari mengajar dan warung kopi. Mengajar anak-anak pun saya tidak meminta bayaran, seikhlasnya saja,” ujar Rudi menggambarkan kondisi ekonominya.

Operasi Pangan Murah Disambut Meriah

Di Aceh, Operasi Pangan Murah sudah tiga kali digelar. Didukung relawan Masyarakat Relawan Indonesia, program ini telah menghadirkan ratusan paket pangan murah berkualitas untuk masyarakat. Sambutan pun datang begitu meriah, apalagi dari kalangan ibu-ibu.

“Dalam satu paket pangan, kami telah menyediakan bahan pangan pokok seperti beras, minyak goreng, gula hingga telur. Masyarakat bisa mendapatkannya hanya dengan setengah harga saja,” kata Rikar Maulana dari tim Program ACT Aceh.

Operasi Pangan Murah merupakan program pangan yang didukung kedermawanan. Setiap nominal hasil penjualan akan digunakan kembali untuk mengadakan paket pangan murah di berbagai daerah dengan menyasar penerima lebih banyak.

“Dalam setiap pangan yang terjual bukan semata menghadirkan akses pangan murah untuk masyarakat. Akan tetapi, di dalamnya ada semangat gotong royong yang menghasilkan kebaikan baru lagi yang bakal terus meluas,” ungkap Azam,  Ketua MRI Kecamatan Baiturrahman, Aceh.[]