Rumah Impian Riyadi Kini Kokoh Berdiri

Penghasilan Rp16 ribu per hari membuat Riyadi tak bisa berbuat banyak untuk mencukupi urusan hidup, termasuk merenovasi rumahnya. Namun saat ini, rumah Riyadi telah kokoh berdiri, buah kedermawanan masyarakat.

Acara peresmian rumah baru untuk Riyadi, lansia warga Ringinsari, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. (ACTNews)

ACTNews, MALANG – Riyadi (65) kini tak perlu lagi mencemasi air yang masuk ke rumahnya saat hujan. Begitu juga saat musim angin kencang, ia tak perlu lagi merasakan dinginnya udara. Saat ini, tempat tinggal Riyadi telah lebih baik dari sebelumnya. Kedermawanan masyarakat luas yang membawa lansia tersebut menempati rumah layak huni dan bisa beristirahat dengan aman dan nyaman.

Riyadi merupakan warga Desa Ringinsari, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Di rumah tersebut, ia tinggal bersama seorang anaknya, karena beberapa tahun lalu sang istri meninggal dunia. Sebenarnya, ia memiliki beberapa anak, namun, keadaan ekonomi yang memaksa beberapa anaknya dirawat oleh orang lain yang lebih mampu.

Lansia yang bekerja sebagai pemulung dengan pendapatan Rp16 ribu per hari itu sebelumnya tinggal di sebuah rumah yang alasnya tanah dengan atap banyak kebocoran. Anyaman bambu menjadi dinding. Jarang tersentuh renovasi membuat hunian tersebut lapuk termakan usia dan cuaca. “Alhamdulillah sekarang saya bisa tempati rumah baru, saya tidak bisa membalas apa-apa,” ungkap Riyadi saat peresmian rumah barunya tersebut, Selasa (8/12).

Di acara peresmian tersebut, juga dihadiri relawan Masyarakat Relawan Indonesia wilayah Malang selatan serta Kepala Desa Ringinsari Slamet Winari. Peresmian rumah yang dibangun dalam waktu satu bulan dan sempat terhenti karena adanya pandemi Covid-19 itu juga diramaikan oleh warga sekitar.

“Semoga Pak Riyadi bisa lebih nyaman tinggal di rumah barunya,” ungkap Winari saat meresmikan rumah tersebut.

Pembangunan rumah untuk Riyadi merupakan wujud nyata kedermawanan masyarakat yang disalurkan melalui Aksi Cepat Tanggap (ACT). Melalui program Mobile Social Rescue, rumah ini terbangun dan Riyadi mendapatkan pendampingan dari tim relawan MRI-ACT. Pendampingan yang diberikan pun beragam, mulai dari pangan hingga kesehatan karena Riyadi beberapa waktu lalu sempat mengeluhkan sakit dan membutuhkan perawatan secara medis.

Ke depannya, hunian nyaman serupa bakal hadir untuk warga prasejahtera lainnya. Tentunya membutuhkan dukungan dari masyarakat, khususnya wilayah Malang Raya. Kepala Cabang ACT Malang Diki Taufik Sidik pun mengajak masyarakat untuk bisa ambil bagian dalam aksi kebaikan ini. Sedekah terbaik bisa diantar langsung ke Kantor Cabang ACT Malang di Jalan Ciliwung, Nomor 10, Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang atau bisa menghubungi melalui sosial media. “Untuk sedekah tanpa konfirmasi bisa disalurkan melalui laman resmi Indonesia Dermawan,” ajak Diki, Kamis (10/12).[]