Rumah Rusak dan Korban Jiwa Gempa Maluku Masih Didata

Dua orang terluka dan lima rumah rusak di Kecamatan Mayau, Maluku Utara, akibat guncangan gempa berkali-kali.

Rumah Rusak dan Korban Jiwa Gempa Maluku Masih Didata' photo
Tangkapan layar gempa magnitudo M7,1 yang menguncang sejumlah wilayah di Maluku Utara. Guncangan yang antara lain dirasakan di Bitung, Manado, Gorontalo, Ternate, dan Buol. BMKG mengeluarkan peringatan dini tsunami saat itu dan dicabut sekitar pukul dua dini hari.

ACTNews, TERNATE – Gempa bermagnitudo 7,1 mengguncang Maluku Utara, Kamis (14/11) pukul  23.17 WIB. Guncangan yang antara lain dirasakan di Bitung, Manado, Gorontalo, Ternate, dan Buol itu menyebabkan sejumlah kerusakan. Berdasarkan data yang diperoleh tim Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) – Aksi Cepat Tanggap (ACT) di Maluku hingga Jumat (15/11) pagi, 2 orang mengalami luka ringan, 5 rumah rusak, dan 3 bangunan retak di pulau Batang Dua, Ternate, Maluku Utara.

“Kami masih terus berkoordinasi dengan sejumlah relawan. Sebagian masih mengalami kesulitan jaringan,” terang Surachman Manan dari tim MRI Maluku Utara, Jumat (15/11). Sejumlah relawan MRI pun masih mendata keadaan terkini hingga kebutuhan warga.

Smpai Rabu pagi, gempa M5,0 kembali tercatat  berpusat di Laut 32 km barat laut Halmahera Barat, Maluku Utara, dengan kedalaman 10 kilometer  pada pukul 10.12 WIB. "Sampai pukul 09.00 WIB, telah tercatat 81 kali gempa susulan dan di antaranya ada 7 kali yang berdampak dirasakan," ujar Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Rahmat Triyono. Rahmat juga menjelaskan, hingga saat ini belum ada laporan korban jiwa.


Foto amatir warga menunjukkan bagian rumah rusak dan berantakan pascagempa M7,1 yang mengguncang Maluku Utara Kamis (14/11) malam.

BMKG sempat mengeluarkan peringatan dini tsunami saat gempa M7,1 mengguncang dini hari. Peringatan itu diakhiri pukul dua dini hari. BMKG menerangkan, berdasarkan hasil pemantauan alat pemantau pasang surut (tide gauge) di tepi pantai, tsunami terdeteksi dengan ketinggian 0,10 meter (10 sentimeter) di Bitung pada pukul 00.08 WIB atau 01.08 Wita. Ketinggian 0,09 meter (9 sentimeter) di Jailolo pada pukul 23.43 WIB atau 00.43 Wita. Kemudian, ketinggian 0,06 meter (6 sentimeter) di Ternate pada pukul 23.43 WIB atau 00.43 Wita. []

Bagikan