Safari Kemanusiaan Humanity Food Truck Tebar Kebaikan di Jawa Timur

Dari kota ke kota Humanity Food Truck tempuh dengan meninggalkan jejak kebaikan. Hal ini lah yang juga dilakukan di Jawa Timur di bulan Oktober ini. Total ribuan porsi makanan terdistribusi.

humanity food truck
Distribusi hidangan dari Humanity Food Truck untuk pekerja di TPA Randegan, Mojokerto. (ACTNews)

ACTNews, MOJOKERTO, KEDIRI, MADIUN – Salah satu dari empat unit Humanity Food Truck menggelar safari kemanusiaan di Jawa Timur. Dalam beberapa hari, truk berdapur rakitan karoseri New Armada, Magelang, tahun 2019, singgah di beberapa kota. Ribuan porsi makanan siap santap tersaji untuk masyarakat.

Mojokerto menjadi salah satu lokasi truk ini menggelar aksi. Di Alun-alun Kota Mojokerto, hidangan terbaik dari dermawan tersaji. Warga prasejahtera dan pekerja harian di sekitar Alun-alun Mojokerto dan Tempat Pembuangan Akhir Randegan menjadi penerima manfaatnya.

“Mojokerto saat ini memasuki level 1 PPKM Darurat, tapi aktivitas dan ekonomi masyarakat belum kembali normal. Dengan adanya bantuan ini (Humanity Food Truck) kami sangat merasa terbantu,” ungkap Beni Asman dari Kodim 0815 Mojokerto.

Tak hanya di Mojokerto, safari truk beralat dapur lengkap ini juga berlanjut ke Kediri. Di Kediri, Humanity Food Truck menggelar aksinya di beberapa titik, salah satunya RSUD Simpang Lima Gumul. Tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan penanganan Covid-19 menjadi sasaran sebagai penerima hidangan yang dimasak oleh koki profesional ini.

“Aksi yang digelar di RSUD menjadi wujud nyata dukungan ACT pada penanganan pandemi Covid-19. Walau saat ini kasus barunya cenderung berkurang, tapi kita harus tetap waspada,” ungkap Iwan Kurnia, Kepala Cabang ACT Kediri.

Humanity Food Truck dari ACT merupakan armada layanan makan gratis. Satu unit truk ini dalam sekali masak mampu menyajikan sampai ribuan porsi makanan siap santap. Didukung peralatan modern, memungkinkan juga truk ini dengan mudah pindah dari satu tempat ke tempat lain.

Selepas Kediri, Humanity Food Truck kembali mengaspal menuju beberapa kota di Jatim, termasuk Madiun. Senin (25/10/2021), truk ini menggelar aksinya untuk petugas harian Dinas Lingkungan Hidup. Ratusan porsi makanan siap santap dibagikan untuk pekerja yang merawat kebersihan dan keindahan Kota Madiun ini.

“Terima kasih kami ucapkan kepada ACT Madiun atas kepeduliaan terhadap petugas DLH kami yang hari ini memberikan hadiah dengan makanan terbaik melalui Humanity Food Truck,” ungkap Aang Mahendra Budiono, Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah Dinas Lingkungan Hidup Kota Madiun.[]