Sajian Global Aqiqah untuk Korban Bencana Alam

Tak hanya didistribusikan ke wilayah masyarakat prasejahtera, Global Aqiqah juga mendistribusikan hidangan akikah dari dermawan ke tempat terdampak bencana di Bogor pada Rabu (8/1) lalu.

Sajian Global Aqiqah untuk Korban Bencana Alam' photo
Salah satu warga Kampung Kebon Kelapa, Sukaraksa, Cigudeg, Kabupaten Bogor menerima hidangan siap santap dari Global Aqiqah. (ACTNews)

ACTNews, KABUPATEN BOGOR – Hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Bogor pada awal tahun 2020 lalu membuat sebagian wilayahnya dilanda bencana banjir bandang dan tanah longsor. Warga di Kampung Kebon Kelapa, Desa Sukaraksa, Kecamatan Cigudeg misalnya. Mereka menjadi korban tanah longsor yang menutup akses jalan menuju perkampungan mereka.

Permukiman warga di kampung itu kini rawan banjir dan tanah longsor. Area persawahan dan kebun yang menjadi salah satu sumber penghasilan pun ikut terancam longsor. Hingga saat ini sebagaian warga harus hidup serba kekurangan pascabencana karena belum sepenuhnya akses menuju keluar kampung mudah untuk dilalui.

Untuk itu, pada Rabu (8/1) lalu, Global Qurban-ACT menyapa warga penyintas bencana di Kampung Kebon Kelapa, Sukaraksa. Melalui program Global Aqiqah, Global Qurban mendistribusikan 70 porsi hidangan akikah untuk warga di sana.

Ardi selaku Koordinator Posko Bencana ACT di Cigudeg, mengatakan, olahan daging akikah ini didistribusikan memang untuk korban bencana alam. Selama ini warga hanya menerima makanan siap santap dari donatur. “Kehadiran hidangan olahan daging akikah disambut hangat oleh warga,” ungkapnya, Rabu (8/1).

Acun, warga Desa Sukaraksa, Kecamatan Cigudeg, begitu bersyukur mendapatkan sajian akikah dari dermawan melalui program Global Aqiqah. "Alhamdulillah, sudah menyumbangkan akikah di Desa Sukaraksa. Mudah-mudahan ibu panjang umurnya dan sukses segala urusannya," harap Acun.

Global Aqiqah dari Global Qurban-ACT sendiri merupakan salah satu program yang menyajikan pelayanan akikah bagi masyarakat. Hewan akikah yang disembelih pun merupakan hewan pilihan dengan kualitas yang terbaik untuk akikah. Sukorini selaku Senior Manager Global Qurban mengatakan, untuk paket akikah di Indonesia, program Global Aqiqah menyediakan hewan akikah dengan berat minimal 27 kilogram serta kondisi fisik yang sempurna sehat. “Tiap paket akikah akan mendapatkan hewan kurban sehat, pengolahan daging, pengemasan hingga distribusi. Pendistribusian akan diberikan ke masyarakat prasejahtera atau yang sedang tertimpa bencana,” jelasnya, Selasa (14/1).

Tak hanya akikah yang didistribusikan di dalam negeri saja, Global Aqiqah juga menawarkan paket akikah yang bakal dihidangkan untuk masyarakat di Bumi Syam (Palestina dan Suriah) serta Uighur. Nantinya berat hewan akikah minimal 45 kilogram dengan kondisi sempurna sehat.

“Setiap akikah nantinya akan dilampirkan laporan implementasi lengkap dengan dokumentasi serta distribusi,” tambah Sukorini.[]


Bagikan