Sajian Humanity Food Truck Hadir di Solo Raya

Di Solo Raya, Humanity Food Truck menggelar aksi dua hari berturut-turut. Sasarannya ialah warga prasejahtera dan terdampak pandemi di Rusunawa Jebres serta sentra vaksinasi di Karanganyar.

humanity food truck
Tim MRI-ACT tengah mengemas hidangan siap santap yang sudah dimasak di Humanity Food Truck. (ACTNews)

ACTNews, SOLO, KARANGANYAR – Humanity Food Truck dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) melanjutkan misi kemanusiannya. Kali ini, hadir di wilayah Solo Raya. Di sana, bersama tim ACT Cabang Solo dan didukung Masyarakat Relawan Indonesia, armada kemanusiaan beralat dapur lengkap ini menggelar aksi untuk warga di Rusunawa Jebres dan sekitarnya, Rabu (15/9). Dalam aksi kali ini, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Surakarta turut mendukung.

Ada 500 paket hidangan siap santap yang Humanity Food Truck sajikan untuk warga. Pendistribusian diutamakan untuk warga prasejahtera serta pekerja harian yang terdampak pandemi. Pasalnya, di Rusunawa Jebres dan sekitarnya banyak warga yang merasakan betul dampak virus mematikan ini.

“Penghasilan berkurang hampir separuh. Sekarang, dalam sebulan paling saya cuma dapat satu juta. Uang segitu harus buat menghidupi tiga anak dan bayar sewa rusun, kadang enggak cukup,” kata Rina Puji Astuti, salah satu warga yang bekerja sebagai penjual sayur serta buruh cuci.

Rina pun mengaku senang dengan adanya aksi Humanity Food Truck. Setidaknya, ia bisa menghemat pengeluaran yang seharusnya untuk makan siang.

Sementara itu, Ketua Umum KNPI Surakarta Agus Riyanto pun menyambut baik kolaborasi yang terjadi dengan ACT. Ia berharap, aksi ini bukan yang terakhir, tetapi bakal lahir kembali aksi-aksi kebaikan bersama yang menyapa lebih banyak penerima manfaat. “Harapan ke depannya, ACT dengan KNPI terus bersinergi untuk kemanusiaan dan pemberdayaan masyarakat hingga pemulihan ekonomi nasional,” harapnya.

Selain di Rusunawa Jebres, di Solo Raya, Humanity Food Truck juga hadir untuk mendukung percepatan vaksinasi di SMA Bung Karno Karangpandan, Karanganyar, Kamis (16/9/2021). Di acara yang dihadiri Bupati Karanganyar Juliatmoko dan wakilnya Rober Cristanto, Humanity Food Truck menyajikan ratusan paket makanan siap santap untuk peserta vaksinasi.

“Hari ini (program vaksinasi) dibantu relawan ACT yang memberikan hidangan siap santap. Kita sama-sama berbagi, sama-sama membantu, sama-sama mendorong supaya semuanya siap sehat,” ungkap Juliatmoko dalam pidato sambutannya.

Humanity Food Truck sendiri merupakan salah satu armada kemanusiaan yang ACT hadirkan untuk mendukung berbagai program kemanusiaan, termasuk dalam penanganan pandemi. Saat ini, sudah ada empat unit truk berdapur yang terus mengaspal, mengantarkan hidangan lezat. “Selama pandemi, armada kemanusiaan kami akan mendukung penuh ikhtiar meredam dampak pandemi,” ujar Muhammad Irfan, Kepala Cabang ACT Solo.[]