Sajian Humanity Food Truck Temani Iftar Warga Palestina

Tak hanya di Indonesia, Humanity Food Truck juga kini mengaspal di tanah Palestina. Menjunjung misi kemanusiaan, amanah besar sedang diangkut kendaraan yang mampu memproduksi hingga lebih dari seribu makanan siap santap dalam sekali masak ini.

Anak-anak mengantre untuk mendapatkan makanan dari Humanity Food Truck ACT menjelang berbuka puasa di Gaza, Palestina. (ACTNews)

ACTNews, GAZA Konflik kemanusiaan di Palestina masih terjadi hingga kini. Bahkan di tengah wabah Covid-19 serta bulan Ramadan, terdapat beberapa serangan dari Israel ke penduduk Palestina. Namun, konflik ini tak memudarkan berkahnya Ramadan yang bisa dinikmati oleh setiap orang.

Melalui ACT, dukungan dermawan Indonesia untuk perjuangan rakyat Palestina hingga kini pun terus berlanjut. Tak pantang oleh pandemi, ACT menghadirkan Humanity Food Truck di wilayah Gaza untuk menghidangkan iftar Ramadan pada  pada Senin (15/5) dan Selasa (16/5), . Sajian istimewa untuk penduduk Gaza diolah di dalam truk berdapur ini.

Menjalang kumandang azan magrib, penduduk Gaza mengantre di depan jendela Humanity Food Truck yang menjadi tempat pendistribusian. Tak ketinggalan anak-anak yang meramaikan suasana. Sebanyak 1.850 jiwa menikmati hidangan yang disajikan selama dua hari tersebut.

Said Mukkafiy dari tim Global Humanity Response (GHR) - ACT mengatakan, sajian iftar dari Humanity Food Truck ACT di Palestina ini menyasar penerima manfaat dari keluarga prasehtera serta anak yatim. Selain didistribusikan langsung dari jendela truk, makanan berbuka puasa juga diantarkan langsung ke rumah penerima manfaat.

“Pertengahan Mei ini ada tiga lokasi yang didistribusikan hidangan iftar Humanity Food Truck, ialah Gaza barat, Gaza utara, serta Khan Younis,” jelas Said, Selasa (19/5).

Humanity Food Truck Palestina sendiri dapat menyediakan seribu hingga 2 ribu porsi makanan dalam sekali produksi dan dapat dengan mudah mendistrbusikan makanan gratis ke seluruh kegubernuran di Jalur Gaza. Sebelumnya, pada awal April lalu, tenaga medis di berbagai rumah sakit di Gaza bisa menikmati makanan siap santap ini. Dan, hingga kini telah ribuan hidangan matang terdistribusi.

Humanity Food Truck merupakan salah satu armada terbaru ACT di tanah Palestina. Pada Akhir Maret, setelah melewati 41 hari perakitan, proses modifikasi dapur truk di salah satu karosesri di Gaza telah selesai. Kini, truk kemanusiaan itu mengemban amanah besar, yaitu melayani kebutuhan pangan penduduk Palestina yang sedang dirundung duka serta wabah Covid-19 yang juga melanda.[]