Sajian Iftar Dermawan Temani Berbuka Puasa Saudara di Palestina

Sajian iftar bantuan Sahabat Dermawan menjadi menu berbuka puasa hari pertama masyarakat Palestina di kompleks Masjid Al-Aqsa.

bantuan iftar palestina
Puasa pertama warga Palestina di Al-Aqsa dimeriahkan dengan bantuan iftar dermawan. (ACTNews)

ACTNews, YERUSALEM TIMUR – Bantuan makanan siap santap dari Sahabat Dermawan terhidang menjadi sajian berbuka masyarakat Palestina di Masjid Al-Aqsa. Melalui Aksi Cepat Tanggap (ACT), sajian tersebut diperuntukan sekitar 300 warga Palestina.

Said Mukaffiy dari tim Global Humanity Network ACT mengatakan, paket iftar tersebut berisi seporsi makanan berat, kurma, yogurt, dan air mineral. Selain dibagikan ke warga yang tengah berkumpul di area masjid, tim ACT Palestina juga mengantarkan langsung bantuan ini dari rumah ke rumah.

"Ramadan menjadi momen untuk menjalin silaturahmi umat muslim di seluruh dunia,  termasuk dengan saudara muslim Palestina. Lewat bantuan ini, secara langsung silaturahmi antara dermawan di Indonesia dan masyarakat Palestina bisa terjalin erat," kata Said, Senin (4/4/2022).

Baca juga: Kue Qatayef, Makanan Khas Palestina Selama Ramadan


Salah satu warga Palestina yang menerima bantuan paket iftar. (ACTNews)

Ramadan Palestina yang jatuh pada 2 April lalu disambut suka cita oleh ribuan warga Palestina di Yerusalem yang berbondong-bondong memenuhi Al-Aqsa. Hal ini pula yang membuat pasukan Israel melakukan pembatasan kunjungan warga Palestina ke Al-Aqsa. Mereka memeriksa setiap warga yang ingin masuk ke salah satu tempat tersuci bagi umat muslim tersebut.

"Pembatasan dan pemeriksaan ini pula yang sempat menghambat proses distribusi iftar ini di Al-Aqsa oleh tim ACT Palestina. Seluruh tim yang bertugas di sana tidak bisa melakukan distribusi secara terang-terangan. Namun, lewat ikhtiar besar dan semangat bulan suci Ramadan, Alhamdulillah seluruh paket iftar tersebut berhasil dibagikan," jelas Said.[]