Sajian Sahur Sapa Pekerja Harian di Ambon

Menjelang akhir Ramadan, Aksi Cepat Tanggap (ACT) terus menggencarkan aksi pendistribusian pangan. Tak hanya iftar, sajian sahur pun dibagikan bagi mereka yang telah berjibaku mencari rezeki sebelum fajar menunjukkan sinarnya.

1
Relawan MRI Ambon membagikan makanan sahur ke pekerja di Pasar Mardika, Kota Ambon, Sabtu (1/5/2021). (ACTNews)

ACTNews, AMBON – Di bulan Ramadan, tak sedikit warga yang harus menunaikan makan sahurnya di luar rumah. Tanpa kehangatan keluarga. Hal ini dilakukan demi mencari nafkah.

Amira salah satunya. Penjual kelapa dan buah itu telah memulai aktivitasnya di Pasar Mardika, Nusaniwe, Kota Ambon sebelum fajar timbul, Sabtu (1/5/2021). Ia meninggalkan rumah untuk menjemput rezekinya. Bahkan, menyantap sahur pun dilakukan di area pasar. Amira tak sendiri. Di Pasar Mardika juga banyak jiwa pejuang rezeki keluarga yang telah keluar rumah sejak dini hari.

Pertemuan dengan Amira dan pekerja lain di Pasar Mardika terjadi saat tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama relawan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Kota Ambon mendistribusikan makanan sahur. Di hari Sabtu itu, ada puluhan hidangan sahur yang terdistribusi. Kebaikan ini berasal dari sedekah masyarakat yang disalurkan melalui ACT Maluku.

Muhammad Syamsudin Mahu dari tim Program ACT Maluku mengatakan, hidangan yang dibagikan ke pekerja pasar merupakan program Berbagi Makan Sahur yang selama Ramadan ini ACT hadirkan. Selain pekerja pasar, target utama penerima manfaat ini ialah pekerja harian, asongan serta warga prasejahtera yang telah memulai aktivitasnya bahkan sejak sebelum subuh.

“Berkolaborasi dengan berbagai pihak, program ini merupakan ikhtiar kita bersama untuk menghadirkan yang terbaik bagi mereka yang bahkan sebelum fajar telah berjibaku mencari rezeki,” ungkap Syamsudin.

Kini, di 10 hari terakhir menjelang akhir Ramadan, ACT Maluku terus mengajak masyarakat untuk ambil bagian dalam aksi kebaikan ini. Syamsudin menambahkan, sedekah terbaik dapat disalurkan melalui BNI Syariah 88 0000 4451 atau Muamalat 8710 222 222 atas nama Aksi Cepat Tanggap. Atau jika membutuhkan donasi tanpa perlu konfirmasi bisa melalui laman resmi Indonesi Dermawan.[]