Saling Menguntungkan, AWC Global Wakaf Kerja Sama dengan SMKN 1 Cibinong Bidang Peternakan

Lebarkan sayap program Wakaf Ternak Produktif, Agro Wakaf Corpora kerjasama dengan SMKN 1 Cibinong, Kabupaten Cianjur. Kehadiran hewan ternak domba dan sapi dapat menjadi laboratorium praktik bagi siswa.

wakaf ternak produktif
Kepala Sekolah SMKN 1 Cibinong Dede Ismail (kiri) dengan Direktur Utama AWC Sahid (kanan) usai menandatangani MoU pemeliharaan hewan ternak. (ACTNews/M. Ubaidillah)

ACTNews, JAKARTA SELATAN – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menjadi salah satu tempat belajar ideal bagi generasi muda mengembangkan bakat. Kurikulum SMK mengarahkan dan mengajarkan siswa kepada bidang keahlian tertentu dan lebih spesifik, seperti pertanian, rekayasa perangkat lunak, dan peternakan. 

Melihat potensi ini, Agro Wakaf Corporation (AWC) Global Wakaf bekerjasama dengan SMKN 1 Cibinong, Kabupaten Cianjur untuk memelihara hewan ternak sapi dan domba program Wakaf Ternak Produktif (WTP). Ini merupakan kali pertama GWC bekerjasama dengan sekolah dalam program WTP. 

Direktur Utama AWC, Sahid, mengatakan, kerjasama antara SMKN 1 Cibinong dengan AWC merupakan simbiosis mutualisme. Di mana ada transfer pengetahuan untuk sekolah dan kebermanfaatan bagi AWC. Diharapkan kehadiran hewan ternak tersebut bisa menjadi laboratorium bagi siswa untuk mempraktikkan ilmunya. 

“Ini melebarkan sayap, sebelumnya di pesantren. Pemilihan sekolah SMK sebagai mitra kerjasama karena juga memiliki pengetahuan mumpuni utamanya terkait peternakan. Apalagi di SMKN 1 Cibinong juga ada jurusan Agribisnis Ternak Ruminansia (ATR),” katanya, Senin (28/3/2022). 

Kepala Sekolah SMKN 1 Cibinong Kabupaten Cianjur Dede Ismail mengatakan terima kasih atas kepercayaan AWC kepada sekolah yang dipimpinnya. Menurutnya kehadiran hewan ternak dapat menjadi media siswa SMKN 1 Cibinong, khususnya jurusan ATR untuk belajar secara langsung. 

“Jadi materi di kelas bisa langsung dipraktikkan. Bagaimana caranya menangani hewan agar tetap sehat, gemuk, dan juga cara pengembangbiakkannya,” jels Dede. 

Penandatanganan MoU antara AWC Global Wakaf dan SMKN 1 Cibinong Kabupaten Cianjur dilakukan di Menara 165, Jakarta Selatan, Senin (28/3/2022). Dalam penandatanganan ini hadir juga dewan guru SMKN 1 Cibinong serta Dewan Direksi AWC.[]