Samarinda Darurat Banjir, ACT Kalimantan Timur Distribusikan Bantuan Untuk Para Penyintas

Banjir kembali menggenangi sejumlah titik di Kota Samarinda akibat hujan lebat. Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama para Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Kalimantan Timur, merespons bencana ini dengan melakukan evakuasi dan mendistribusikan bantuan kepada para penyintas.

bantuan banjir samarinda
Citra banjir di salah satu lokasi di Kota Samarinda. (ACTNews/Afif Karomi)

ACTNews, SAMARINDA – Wilayah Samarinda kembali dilanda banjir. Banjir kali ini diduga akibat luapan air berasal dari Waduk Benanga Lempake. Luapan air terjadi karena hujan lebat yang terjadi sejak Rabu (20/10/2021).

Banjir merendam sejumlah pemukiman di dua kecamatan, yakni Samarinda Utara dan Sungai Pinang. Untuk Kecamatan Sungai Pinang, kawasan yang terdampak banjir adalah di Kelurahan Gunung Lingai, untuk Kecamatan Samarinda Utara di antaranya di Kelurahan Sempaja Timur, Sempaja Selatan, Sempaja Utara, dan Kelurahan Lempake.

Sedangkan di Kecamatan Samarinda Kota adalah kawasan yang paling dekat dengan bantaran Sungai Karang Mumus, seperti kawasan Jalan Pemuda hingga bagian dalam, Jalan Kesehatan, Jalan Gelatik dan sekitarnya. Akibat dari banjir ini, sekitar 1.842 Kepala Keluarga dan 9.444 Jiwa terdampak air dengan ketinggian berkisar 60 – 90 sentimeter.


Untuk membantu warga terdampak, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kalimantan Timur mendistribusikan makanan siap santap untuk para penyintas pada Jumat (22/10/2021) lalu. “Allhamdullillah Tim ACT bersama tim relawan gabungan relawan mendistribusikan bantuan makanan, juga mendirikan posko darurat di Posko 2 Damkar Jalan Wahid Hasyim, Kota Samarinda,” ujar Budi Cahyanto dari Tim Program ACT Kalimantan Timur.

Budi menambahkan intensitas hujan telah berkurang sejak Sabtu (23/10/2021) lalu, seiring dengan banjir yang mulai surut. “Alhamdulillah, proses evakuasi yang kami lakukan bersama relawan gabungan berjalan lancar, dan warga juga telah kembali ke rumah masing-masing saat ini,” ujar Budi dihubungi pada Senin (25/10/2021) ini.

Sementara selanjutnya, tim berencana melanjutkan bantuan ke daerah lain yang sempat terdampak banjir, yakni di Kabupaten Paser. “Insyaallah selanjutnya kita akan membantu pemulihan para penyintas di Kabupaten Paser yang beberapa waktu lalu juga sempat terdampak banjir. Kami mohon dukungan dari para dermawan ke depannya agar aksi-kasi kami berjalan lancar, dan bencana ini dapat segera berlalu,” harap Budi. []