Sambut Food Careline Services dan Operasi Orang Lapar, ACT Siapkan Berbagai Armada Pangan

Komitmen ACT memerangi kelaparan masyarakat Indonesia terus dijalani. Melalui Food Careline Services, ACT mengandalkan berbagai armada kemanusiaan yang meliputi Humanity Food Truck, Humanity Food Van, Humanity Bikers, dan Humanity Food Bus.

Food Careline Services
Kondisi armada kemanusiaan terbaru ACT, Humanity Food Bus. (ACTNews/Rizki Febianto)

ACTNews, JAKARTA – Tidak henti menebar kebermanfaatan dalam memerangi kelaparan bagi masyarakat Indonesia, Aksi Cepat Tanggap terus melakukan berbagai ikhtiar, salah satunya menyiapkan berbagai armada pangan.

Pandemi Covid-19 yang merebak juga meningkatkan gelombang angka kemiskinan secara global, termasuk Indonesia. Imbasnya, semakin banyak masyarakat rawan pangan. Khusus di Indonesia, laporan Bank Dunia menyatakan lebih dari sepertiga rumah tangga terindikasi kekurangan makan.

Kehadiran armada kemanusiaan ACT sejak Mei 2017, menjadi bentuk ikhtiar di tengah ACT membersamai masyarakat prasejahtera dan penyintas bencana memperoleh makanan. ACT pun menginisiasi berbagai jenis armada kemanusiaan untuk menjangkau lebih banyak penerima manfaat.

Humanity Food Truck

Merupakan armada kemanusiaan generasi pertama yang diluncurkan sejak Mei 2017, dan telah mengalami berbagai edisi pengembangan mulai dari Food Truck 1.0 dengan tampilan gagah dan kabin kru yang luas, Food Truck 2.0 dengan tampilan dinamis, kekinian, peralatan dan fasilitas pendukung diperbarui, adanya jack stand hydraulic dan tangga otomatis.

Selanjutnya, Food Truck 3.0 dan 4.0 yang memiliki tampilan elegan, aerodinamis, memiliki kapasitas produksi makan siap santap sebanyak 2.000 porsi dalam sekali masak, adanya hydraulic yang dikontrol melalui Android dan dilengkapi vitron dengan sound system.

Humanity Food Van

Sejak diluncurkan pada April 2020, armada Humanity Food Van telah menyalurkan makanan siap santap secara gratis yang diproduksi melalui Humanity Central Kitchen ACT di Sentul, Kabupaten Bogor.

Kehadiran Humanity Food Van yang berbentuk minimalis dan mudah menyusuri wilayah terpencil, sangat memudahkan ACT dalam menyalurkan makanan siap santap dalam Operasi Makan Gratis yang menyasar berbagai pihak, utamanya para pekerja harian yang terdampak pandemi Covid-19.

Humanity Bikers

Kehadiran Humanity Bikers sejak Mei 2020 merupakan gerakan kemanusiaan penunjang program Humanity Careline ACT. Masyarakat prasejahtera yang kesulitan memperoleh makanan bisa langsung menelepon ke layanan Humanity Care Line 0800-1-165-228, nntinya para Humanity Bikers akan mendapatkan pesanan dari aplikasi Humanity Care Line yang berisi nama penerima manfaat, alamat, dan nomor telepon. Humanity Bikers akan mengantar langsung pesanan tersebut ke penerima manfaat. Tak hanya itu, layanan Humanity Bikers juga memberdayakan para karyawan yang terkena pemutusan hubungan kerja akibat pandemi Covid-19.

Humanity Food Bus

Merupakan generasi terbaru armada pangan ACT sekaligus bus pertama di Indonesia dan dunia yang dipakai untuk mobile kitchen dengan komponen dapur setara hotel bintang lima. Kehadiran Humanity Food Bus sejak Juli 2021 lalu, sekaligus penyempurnaan dari Humanity Food Truck sebagai upaya memasifkan distribusi bantuan dengan kuantitas produksi makanan siap santap menjadi lebih banyak yakni mampu memproduksi 5.000 porsi makanan dalam sekali masak.

Unit bus ini memiliki panjang keseluruhan 12 meter dan lebar 2,5 meter. Kelebihan bus ini terletak di bagian dapur, yang mana dilengkapi cooker hood untuk menyerap asap dan hawa panas saat memasak. Peralatan di dapur bus juga dilengkapi tilting pan dan grill pan, berfungsi untuk memaksimalkan proses pemasakan dengan teknik perebusan dan pembakaran, demi menghidangkan makanan terbaik bagi para penerima manfaat.[]