Sambut Idulfitri, Pengungsi Gempa Maluku Nikmati Zakat Fitrah

Global Zakat - ACT menyalurkan beras zakat fitrah untuk anak-anak yatim, lansia, dan janda di beberapa lokasi yang berbeda di Desa Liang, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah pada Selasa (19/5) lalu. Warga di desa ini merupakan korban gempa pada 26 September lalu.

Salah satu lansia penerima manfaat beras zakat fitrah di pengungsian di Maluku. (ACTNews)

ACTNews, AMBON – Global Zakat – ACT terus berikhtiar mendistribuskan amanah yang berikan  oleh para sahabat dermawan muzaki. Seperti pada Selasa (19/5) kemarin tim menyalurkan beras zakat fitrah untuk anak-anak yatim, lansia, dan janda di beberapa lokasi yang berbeda.

Pendistribusian zakat fitrah di antranya adalah Desa Liang, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah. Warga di desa ini merupakan korban gempa pada 26 September lalu yang kini mengungsi di Puncak Menderita, dan Puncak Rahban.

“Alhamdulillah kemarin Global Zakat – ACT dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Maluku telah turun untuk membagikan zakat yang telah diamanahkan kepada kami untuk disalurkan kepada masyarakat yang masih berada di sejumlah titik pengungsian. Salah satunya Desa Liang,“ jelas Wahab Loilatu selaku Kepala Cabang ACT Maluku.

Lessy, salah seorang penerima manfaat merasa senang dengan pemberian zakat yang diberikan oleh Global Zakat - ACT Maluku. Ia mendoakan para muzaki yang telah mengeluarkan zakat fitrahnya kepada mereka. Dalam kesempatan itu, ia juga mengungkapkan kesulitan mereka selama di pengungsian.


“Zakat yang telah kami terima merupakan hadiah yang dititipkan oleh Tuhan lewat Global Zakat – ACT. Sebabnya di tengah situasi pandemi Covid-19 ini, untuk beraktivitas saja kita dibatasi dengan adanya
physical distancing yang diberlakukan oleh pemerintah,” ujar Lessy.

Penyaluran zakat fitrah ini, kata Wahab, berharap zakat yang disalurkan dapat memenuhi pangan para pengungsi saat Idulfitri. "Kami memastikan bahwa zakat yang disalurkan muzaki tersampaikan kepada orang-orang yang berhak menerima zakat,” kata Wahab.

Wahab turut mengajak para dermawan untuk selalu memberikan harta terbaik mereka kepada saudara-saudara yang membutuhkan. Global Zakat – ACT sendiri siap menampung amanah kepedulian dari para dermawan.

“Mari kita membangun peradaban berbagi untuk sesama anak bangsa, bagi dermawan yang ingin mendonasikan sebagian rezekinya. Insyaallah kami akan mengamanahkannya sebaik mungkin agar sampai ke tangan yang tepat,“ tutur Wahab.

Selain dari membagikan zakat fitrah, ACT Maluku juga mempunyai sebuah program untuk menyapa anak negeri. Program ini bernama Beras Untuk Anak Negeri (BERANI). Saat ini tim tengah mengumpulkan 5 ton beras untuk dibagikan kepada masyarakat di pelosok-pelosok negeri. []