Sambut Ramadan 1442 H, Masyarakat Optimis Kondisi Lebih Baik

Sambut Ramadan 1442 H, masyarakat optimis keadaan akan lebih baik. Persiapan mental dan kesehatan ditingkatkan masyarakat agar bisa beribadah lebih baik.

Seseorang sedang membaca Al-Quran
Ilustrasi. Meski pandemi masih belum usai, warga optimis Ramadan tahun ini lebih baik. (ACTNews/Eko)

ACTNews, TANGERANG SELATAN — “Ya Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Syakban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadan.” Demikian salah satu doa yang dipanjatkan Rasulullah SAW saat datangnya bulan Rajab. 

Doa itu juga disampaikan Jumakir, salah satu pedagang sayur di Pasar Ciputat, yang ditemui ACTNews saat distribusi Air Minum Wakaf, Rabu (10/3/2021). Jumakir menyambut Ramadan tahun ini dengan lebih optimis. Setelah tahun lalu Ramadan terasa hampa akibat pandemi Covid-19. Aspek kesehatan, mental, dan kepedulian sosial menjadi prioritas yang disiapkan.

Baca juga: Dapur Ramadhan HA IPB dan ACT Bagikan Ratusan Makan Setiap Hari

“Persiapannya mental, sehingga ibadah Ramadan nanti bisa maksimal karena Covid-19 belum selesai. Juga 4M harus tetap dijaga yakni menjaga jarak, mencuci tangan, memakai masker, dan mensyukuri nikmat. Mudah-mudahan Covid-19 cepat berlalu,” kata Jumakir.  

Wagimin, pedagang sayur lain di Pasar Ciputat mengatakan persiapan menyambut Ramadhan tahun ini adalah mengutamakan aspek kesehatan. Baginya, saat tubuh sehat semua aktivitas ibadah bisa diamalkan dengan khusyuk. Amalan-amalan sosial juga ikut ditingkatkan.

Baca juga: Kapal Ramadhan Layarkan Paket Pangan Ke Pulau Lantang Peo

“Saat Ramadan, yang penting kita dan keluarga sehat, jadi bisa khusyuk. Kita jualan juga bisa lancar. Bantu orang lain yang lagi susah juga penting karena kan masih Covid-19, yang lagi susah masih banyak. Kita harus optimis sekarang lebih baik,” ujarnya.   

Menyambut Ramadan 1442 H Aksi Cepat Tanggap meluncurkan semangat Ramadhan 2.0 Aksi Tanpa Batas. Semua masyarakat harus bergerak melakukan aksi kebaikan tak terbatas meski tahun ini adalah kali kedua Ramadan diliputi pandemi.

Bulan Rajab 1442 H hampir usai, satu bulan lagi kita akan bertemu dengan bulan yang paling mulia dalam satu tahun, yakni bulan Ramadan. Bulan yang penuh ampunan, keberkahan, dan rahmat. Seperti yang dilantunkan Hadad Alwi dalam lirik lagunya Marhaban Ya Ramadhan:

Allah jadikan Ramadan bulan penuh berkah

Allah jadikan Ramadan bulan penuh rahmah

Perbanyaklah ibadah, jangan lupa sedekah

Perbanyaklah tadarus, jangan lupa shalawat. []