Sebulan Beroperasi, Food Careline Services ACT Jangkau lebih dari 162 Ribu Penerima Manfaat

Komitmen ACT dalam menyelamatkan bangsa dari pandemi, salah satunya hadir lewat program Food Careline Services (FCS). Sejak diluncurkan pada 26 Juli 2021 lalu, ACT telah menyalurkan 162.515 porsi makanan siap santap secara gratis di Jadetabek

Food Careline Services
Senyum bahagia salah seorang tukang sol di Jakarta Utara, usai menerima makanan siap santap dari Food Careline Services ACT. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA Pandemi Covid-19 di tanah air berdampak terhadap ekonomi masyarakat prasejahtera. Badan Pusat Statistik (BPS) merilis, jumlah masyarakat prasejahtera per Maret 2021 mencapai angka 27,54 juta orang atau sekitar 10,14 persen dari total penduduk Indonesia. Bahkan, jumlah ini naik sebesar 1,12 juta orang dibanding tahun 2020 pada periode yang sama.

Belum lagi berbagai kebijakan pembatasan kegiatan berpengaruh pada masyarakat prasejahtera yang semakin terbatas memenuhi kebutuhan hidup demi sesuap nasi. Tak ingin berdiam diri dalam kondisi ini, Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) meluncurkan program Food Careline Services (FCS) atau layanan antar makanan gratis sejak 26 Juli 2021 lalu. 

Secara operasional Food Careline Services ACT melibatkan 152 tenaga kerja setiap harinya, yang mana tersebar melalui Humanity Bikers, Humanity Food Bus, Central Kitchen, mitra warung tegal, dan Rumah Makan Sederhana. Sejumlah 162.515 porsi makanan siap santap per 25 Agustus telah tersalurkan kepada para penerima manfaat di seluruh wilayah Jadetabek.

Food Careline Services merupakan layanan bantuan makanan gratis untuk masyarakat yang tengah kesulitan memenuhi kebutuhan pangan saat pandemi Covid-19. Layanan ini bisa diakses melalui sambungan telepon ke nomor 0800-1-165-228.

Head of Food Distribution Program ACT Sutaryo menjelaskan, Food Careline Services ACT adalah salah satu ikhtiar dalam meredam kelaparan masyarakat prasejahtera maupun para pekerja harian yang terdampak Covid-19.

“Alhamdulillah, kehadiran Food Careline Services ACT begitu dirasakan manfaatnya bagi warga di Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Kota Tangerang Selatan, Kota Depok, dan Kota Bekasi. Saat ini yang paling banyak tersalurkan bantuan ada di Jakarta Timur. “Insyaallah, Food Careline Services ACT akan terus membersamai masyarakat. Tak lain ini adalah buah dari sedekah para sahabat dermawan di seluruh Indonesia,” kata Sutaryo.[]