Sedekah Dermawan Hadirkan Mushaf Al-Qur’an untuk Hafiz di Gaza

Lebih dari 2.000 mushaf Al-Qur’an didistribusikan di sejumlah masjid di Gaza. Para penerima merupakan yatim dan hafiz yang sebelumnya kesulitan memperoleh mushaf.

sedekah mushaf al-qur’an untuk palestina
Salah satu hafiz di Gaza menerima distribusi mushaf Al-Qur’an dari tim ACT. (ACTNews)

ACTNews, GAZA – Distribusi mushaf Al-Qur’an kembali dilakukan oleh tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Palestina. Dalam aksi yang dilakukan akhir November ini, lebih dari 2 ribu mushaf didistribusikan. Para penerima manfaat merupakan anak-anak yatim sekaligus hafiz (penghafal Al-Qur’an) di Gaza,.

Firdaus Guritno dari tim Global Humanity Response ACT menjelaskan, distribusi mushaf dilakukan oleh para relewan ACT dari masjid ke masjid. Tiap masjid setidaknya menerima hingga 200 mushaf.

Firdaus Guritno dari Tim Global Humanity Rssponse-ACT menjelaskan, relawan mendistribusikan ke hampir tiap masjid di Gaza Utara dan Selatan. Masjid-masjid itu adalah Masjid Abu Khadar, Masjid Agung Gaza, Masjid Mosab Bin Omair, Masjid Saleem Abu Musalam, Masjid Al Eman di Beit Lahia, Masjid Omar Bin Al-Khattab di Jabalia, Masjid Mohammed Al-Qasmi, Masjid Al-Noor dan Old Balad Mosque di Deir Al Balah, Masjid Olo Al Azim di Beit Hanoun, dan Masjid Bsaiso di Al Shijaya.

 

Anak-anak di Gaza semangat membaca Al-Qur’an baru yang telah mereka terima. (ACTNews)

Firdaus menerangkan, bantuan ini diperuntukkan kepada anak-anak penghafal Quran. "Anak-anak sangat antusias saat mengantre untuk mendapat mushaf Al-Qur’an dengan kualitas terbaik ini," kata Firdaus, Kamis (2/11/2021). 

Firdaus menerangkan, anak-anak di Gaza sebagian besar berasal dari keluarga miskin yang ekonominya terdampak dari penjajahan Israel. Mereka tidak memiliki anggaran yang cukup untuk membeli mushaf yang layak. "Jangankan untuk membeli mushaf, sekadar membeli makanan untuk dimakan di hari itu pun  banyak keluarga Gaza masih kesulitan," katanya.

Firdaus berharap, distribusi bantuan ini dapat menambah semangat anak-anak untuk mengaji, menghafal Al-Qur’an, dan memperdalam ilmu agamanya.

"Ini bukan aksi pertama kami mengantarkan mushaf hasil sedekah para dermawan, untuk anak-anak Palestina. Insyaallah, seiring Al-Qur’an yang terus dibaca oleh anak-anak di sana, maka terus mengalir juga dengan deras pahala untuk para dermawan," pungkas Firdaus.[]