Sedekah Jumat Sama Seperti Saat Ramadhan

Jumat adalah hari yang mulia. Apapun kebaikan yang dilakukan di hari tersebut memiliki berbagai keutamaan. Sedekah misalnya, yang pahalanya serupa sedekah di bulan Ramadhan.

sedekah jumat
Haru warga saat diberi paket pangan buah sedekah subuh para dermawan. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA ACTNews, JAKARTA– Jumat adalah salah satu hari yang mulia bagi umat Islam. Di dalamnya (hari Jumat), banyak keutamaan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan taqwa kepada Allah SWT. Sedekah salah satunya. 

Imam Syafi’i dalam kitab al-Umm juz 1 halaman 239 mengungkapkan, agar memperbanyak sedekah di hari Jumat, bisa berupa uang, makanan, atau jenis lain. Allah akan melipatgandakan rezeki orang yang bersedekah di hari Jumat.

“Perbanyaklah bersedekah sebagai amalan hari Jumat. Sedekah bisa berupa uang, makanan, atau lainnya. Jangan takut uang menjadi habis jika bersedekah. Karena Allah akan melipatgandakan pahala sedekah. Bahkan Allah akan menambah rezeki jika kita bersedekah. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan”. (Imam Syafi’i, al-Umm, juz 1, hal. 239).

Selain pahala yang dilipatgandakan, pahala sedekah di hari Jumat juga seperti bersedekah di bulan Ramadhan. Hal ini sesuai dengan penjelasan Ibnul Qayyim Al-Jauziyah dalam kitab Zaadul Ma’ad jilid 1 halaman 45:

“Sesungguhnya sedekah pada hari Jum’at itu memiliki kelebihan dari hari-hari lainnya. Sedekah pada hari itu (Jumat) dibandingkan dengan hari-hari lainnya dalam sepekan, adalah seperti sedekah pada bulan Ramadhan jika dibandingkan dengan seluruh bulan lainnya”.


Pasar Sedekah salah satu platform belanja sekaligus bersedekah. (ACTNews/Eko Ramdani)

Lalu, kapan waktu yang tepat bersedekah di hari Jumat?

Dalam sebuah hadis riwayat Abu Dawud, Rasullullah bersabda, “Perlahan-lahan dalam segala sesuatu itu baik, kecuali dalam perbuatan yang berkenaan dengan akhiran”.

Sedangkan di dalam Alquran surat Al-Anbiya ayat 90, Allah berfirman, Maka Kami kabulkan (doa)nya, dan Kami anugerahkan kepadanya Yahya, dan Kami jadikan istrinya (dapat mengandung). Sungguh, mereka selalu bersegera dalam (mengerjakan) kebaikan, dan mereka berdoa kepada Kami dengan penuh harap dan cemas. Dan mereka orang-orang yang khusyuk kepada Kami”.

Bersedekah merupakan amalan baik, sehingga sesegera mungkin dilakukan maka baik juga. Salah satu waktu yang tepat mengamalkannya ialah waktu subuh. Hal ini selaras dengan hadis riwayat Bukhari dan Muslim;

Setiap datang waktu pagi yang dialami para hamba, ada dua malaikat yang turun, yang satu berdoa: “Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfaq.” Sementara yang satunya berdoa, “Ya Allah, berikanlah kehancuran bagi orang yang kikir”. (HR. Bukhari 1442 & Muslim 2383).[]