Sehari Penuh Berbagi Air Bersih di Tasikmalaya

Pendistribusian air bersih yang dilakukan dari siang hingga malam kali ini menjangkau sekitar 900 penerima manfaat di Kampung Puncaksari, Tasikmalaya.

Sehari Penuh Berbagi Air Bersih di Tasikmalaya' photo

ACTNews, TASIKMALAYA - Tim MRI-ACT Tasikmalaya kembali mendistribusikan air bersih ke tempat-tempat terdampak kekeringan di Tasikmalaya. Pendistribusian air kali ini dilakukan tim dari siang hingga malam hari demi memastikan bantuan air tersebut tersebar merata kepada masyarakat yang masih kesulitan air sejak beberapa bulan ke belakang.

Senin (26/8), sebanyak 5.000 liter air bersih didistribusikan kepada 180 kepala keluarga atau 900 jiwa. Pembagian air bersih tersebut menyebar di beberapa titik yang ada di Tasikmalaya.

Salah satu titik tersebut adalah Kampung Puncak Sari, Kelurahan Margabakti, Kecamatan Cibeureum, Kota Tasikmalaya. Suhu udara yang panas  dan hujan yang sudah lama tidak turun membuat warga Kampung Puncak Sari sampai saat ini kesulitan mendapatkan air bersih. Sumber air di Kampung ini hanya dari sumur-sumur keluarga yang dibuat di setiap rumah.

“Di kampung ini, sudah lebih enam bulan hujan tidak turun, sehingga semua sumur mengering sama sekali. Untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari, masyarakat harus pergi ke sebuah bukit yang terjal dan hal tersebut mesti mereka lakukan dini hari agar bisa menyediakan air terlebih dahulu sebelum mereka memulai aktivitas,” kata Irfan Rais dari Tim Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) – ACT Tasikmalaya.

Bagi warga Puncak Sari, keberadaan air kini menjadi langka. Setiap mendapatkan air, tidak ada pilihan lain buat mereka selain menghematnya.


Bahkan untuk menyiasati penggunaan air bersih yang kian minim hingga kini, warga harus membagi prioritas penggunaan air. Kata Irfan, prioritas utama mereka adalah air untuk dikonsumsi sehingga mereka mengesampingkan kebutuhan lain seperti mandi, misalnya.

“Salah satu cara untuk menghemat air yakni, warga akhirnya mandi hanya dua hari satu kali. Yang penting bagi mereka bisa berwudu dan memenuhi kebutuhan air ini untuk konsumsi mereka sehari-harinya,” ujarnya.

Pendistribusian air bersih ini bukanlah yang pertama kali dilakukan oleh Tim MRI-ACT Tasikmalaya. Secara rutin, tim menditribusikan air ke Puncak Sari selama musim kemarau. Seperti bulan lalu, 30 ribu liter air juga turun di tiga kecamatan di Tasikmalaya. Salah satunya Kampung Puncak Sari di Kecamatan Cibeureum.

“Alhamdulillah, merasa terbantu dengan adanya semua ini. Ibu-ibunya juga merasa senang begitu, dengan adanya distribusi air bersih ini,” kata Entin, salah satu warga kala itu, dikutip dari media Berita Satu. []

Bagikan