Sejak Pandemi, Usaha Makanan Ria Jadi Tumpuan Keluarga

Setiap sore Ria menggelar dagangannya di pinggir jalan Kramat Sentiong, Jakarta Pusat. Semenjak suaminya diberhentikan dari pekerjaan sementara waktu akibat pandemi, usaha inilah yang kemudian menopang kebutuhan keluarga mereka sehari-hari.

bantuan modal jakarta
Sebelumnya Ria berjualan di depan rumah, namun kini pinggir jalan jadi pilihannya untuk menggaet lebih banyak pelanggan. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA PUSAT – Ada seorang perempuan yang tak kenal lelah di pinggiran Jalan Kramat Sentiong, Jakarta Pusat. Setiap sore ia menggelar dagangan berupa roti goreng, nasi uduk, lontong sayur, serta makanan kecil lain. Dia akan berdagang semenjak asar, hingga azan magrib baru berkumandang.

Perempuan itu ialah Ria. Awalnya dagangan ini bukan ada di pinggir jalan, tetapi di depan rumahnya. Di saat sulit seperti pandemi saat ini, ia memindahkan usahanya demi menggaet lebih banyak pelanggan.

“Modal usahanya dari jualan yang kemarin laku. Kalau dagangan hari ini yang beli sedikit, ya besok produksi untuk jualannya dikurangin,” ujar Ria ketika ditemui Tim Global Wakaf-ACT pada akhir bulan Juli lalu.

Dagangan inilah yang dijadikan Ria sebagai tumpuan hidup keluarga. Suaminya sebenarnya seorang tenaga keamanan di sebuah sekolah. Namun suaminya diberhentikan sementara waktu hingga sekolah kembali dapat memberlakukan pembelajaran tatap muka. “Seakarang suami saya bekerja apa saja. Ojek pangkalan pernah, atapun sering juga bantu-bantu jualan di warung saya,” kata Ria.


Selain harus membiayai tiga orang anaknya, dari jualan ini Ria juga bisa membiayai pengobatan ibunya yang menderita strok. Sebab itu ia terus memperjuangkan dagangannya meskipun sedang tersandung pandemi seperti saat ini.

“Bulan lalu sebelum PPKM, penghasilan saya sudah mulai stabil sebenarnya. Tapi sejak PPKM ini diterapkan, hasil pemasukan saya menurun drastis sampai 50%. Karena paling banyak pembelinya kan karyawan kantor yang baru pulang kerja,” cerita Ria.

Karena itu, Global Wakaf-ACT berencana memberikan bantuan kepada Ria melalui program Wakaf UMKM. Dengan adanya bantuan ini, diharapkan usaha Ria dapat berjalan lancar kembali, sehingga bisa memenuhi kebutuhan harian keluarga. []