Sejumlah Cabang ACT Kirimkan Truk Bantuan Kemanusiaan Untuk Korban Erupsi Semeru

Berbagai cabang Aksi Cepat Tanggap (ACT) terus menyalurkan kepedulian para dermawan kepada para korban erupsi Gunung Semeru. Salah satunya bantuan yang dikirimkan melalui Truk Bantuan Kemanusian.

truk bantuan kemanusiaan
Bantuan ini merupakan amanah para dermawan yang akan disampaikan langsung kepada para pengungsi di kaki Semeru. (ACTNews/Ahmad Kamil)

ACTNews, KOTA TASIKMALAYA, KABUPATEN TASIKMALAYA, DI YOGYAKARTA – Lebih dari 6.500 jiwa masih berada di 121 titik pengungsian semenjak erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada pekan lalu. Sementara korban meninggal dunia berjumlah 43 jiwa, dan 13 orang masih belum ditemukan atau hilang. Sebanyak 32 orang juga mengalami luka berat, serta 82 orang mengalami luka ringan. Demikian catatan Tim Tanggap Darurat Aksi Cepat Tanggap (ACT) per Selasa (14/12/2021) kemarin.

Karena itu, kepedulian terus mengalir untuk para korban, termasuk dari ACT. Pada pekan ini, bantuan kemanusiaan diberangkatkan dari sejumlah titik daerah di Indonesia, melalui Truk Bantuan Kemanusiaan.

Dari Kota Tasikmalaya, ACT mengirimkan satu truk bantuan logistik untuk para pengungsi. “Alhamdulillah, hari ini kita berangkatkan bantuan logistik sebanyak kurang lebih lima ton, yang kita kumpulkan bersama dalam urun waktu satu pekan. Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua yang telah ikut berpasrtisipasi. Semoga dicatat sebagai amal saleh di sisi-Nya,” ungkap Taufik Perdana sebagai Kepala Cabang ACT Kota Tasikmalaya pada Selasa.

Di hari yang sama, bantuan sebanyak lima ton juga meluncur dari ACT Kabupaten Tasikmalaya. “Tentu ini hasil doa serta dukungan para sahabat dermawan, terutama para mitra yang telah mendukung kami. Sehingga alhamdulillah, bisa terkumpul kurang lebih lima ton, dan langsung kami kirimkan,” ujar Kepala Cabang ACT Kabupaten Tasikmalaya Asep Rosidin.


Pelepasan Truk Bantuan Kemanusiaan dari ACT Kabupaten Tasikmalaya menuju Kabupaten Lumajang. (ACTNews/Angga Rizqiatama)

Truk Bantuan Kemanusiaan dari ACT cabang Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, merupakan bagian dari bantuan yang akan dikirimkan oleh 21 kantor cabang ACT di Jawa Barat. Pengiriman bantuan ini telah dimulai sejak Senin (13/12/2021) kemarin.

Tidak hanya Jawa Barat, Truk Bantuan Kemanusiaan ACT juga bertolak dari Korem 072/Pamungkas, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta pada Jumat (10/12/2021) lalu. Total sebanyak enam truk diberangkatkan menuju ke Kabupaten Lumajang.

“Terima kasih kepada kampus UII yang sudah memberikan bantuan sebanyak dua truk, dan juga mitra dermawan lainnya seperti JNE Yogyakarta, Paradise Batik, Aparture Indonesia, Hiswana Migas, serta seluruh dermawan yang telah mengamanahkan donasinya melalui ACT. Bantuan sebanyak lima truk penuh dari masyarakat Yogyakarta ditambah satu truk dari cabang-cabang ACT lainnya ini, langsung diberangkatkan dan disampaikan ke saudara penyintas bencana di Semeru," jelas Nur Aries Shoim sebagai Kepala Cabang ACT DI Yogyakarta.


Komandan Korem 072/Pamungkas Brigjen TNI Afianto pada sambutannya menyampaikan rasa bangganya kepada ACT dan masyarakat DI Yogyakarta yang telah menggalang kepedulian untuk membantu saudara yang terdampak. “Ini adalah wujud kepedulian, empati yang ditunjukkan oleh masyarakat Yogyakarta kepada saudara-saudara di sana,” ucapnya.

Dalam pemberangkatan tersebut, turut hadir pula Wakil Walikota Yogyakarta Drs. Heroe Poerwadi, MA. Ia pun berterima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam pengiriman bantuan ini. “Kita doakan, semoga diberi kelancaran dalam perjalanan sampai dengan tujuan di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur,” harap Heroe. []