Sejumlah Komunitas di Kabupaten Semarang Gelar Solidaritas untuk Palestina

Sejumlah komunitas bersama Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Kabupaten Semarang menggelar penggalangan donasi bagi Palestina di beberapa titik di Kabupaten Semarang pada Sabtu (22/5/2021) hingga Senin (24/5/2021) kemarin.

donasi palestina semarang
Selain menggalang donasi secara langsung, para peserta aksi juga menjual sayuran yang sebagian hasilnya akan disedekahkan untuk membantu Palestina. (ACTNews)

ACTNews, KABUPATEN SEMARANG – Sejak Ramadan hingga awal bulan Syawal lalu, rakyat Palestina masih tidak bisa merasakan kebebasan di negeri sendiri karena zionis memborbardir secara brutal. Gencatan senjata pun tidak sama artinya dengan merdeka. Palestina masih terjajah, terzalimi, dan terbelenggu blokade. Belum lagi jika bicara pemulihan dari serangan-serangan sebelumnya.

Inilah yang membuat Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Kabupaten Semarang ikut ambil peran. Selama tiga hari berturut-turut ACT dan MRI menggelar aksi galang dana peduli Palestina di beberapa titik Kabupaten Semarang, sejak hari Sabtu (22/5/2021) hingga Senin (24/5/2021) kemarin.

Aksi ini dilakukan Bersama dua organisasi yakni BEM Ngudi Waluyo dan KAMMI Sudirman Salatiga. Selain itu, sejumlah komunitas juga turut serta di antaranya Rumah Singgah Sumringah Share and Care, Sumringah Partners in Goodness, Sego Jumat, An Naila, Sale For Help, Jakarta Foodtruck, Sayur Barokah, Happy Group Indonesia, dan komunitas punk setempat.


Dari dari Kantor ACT Kabupaten Semarang di Ungaran menuju Ambarawa, relawan dan komunitas dipisah menjadi tiga titik dan sebagian lagi berjualan keliling dengan mobil bak terbuka. “Kami menjualkan sayuran segar dan sembako. Apabila customer membeli secara langsung maka ia telah berdonasi untuk saudara kita di Palestina,” jelas Elvan sebagai Staf Program ACT Kabupaten Semarang.

Aksi ini diakui Novita, salah seorang peserta, sebagai panggilan hatinya. “Untuk sekarang dukungan saat ini yang bisa kita berikan seperti doa dan penggalangan dana secara ikhlas. Sesama umat islam dianjurkan tolong-menolong dan memudahkan urusan orang lain,” tambahnya.

Diperoleh Rp20.285.000 dari aksi dari kolaborasi berbagai komunitas ini dan seluruhnya akan didonasikan untuk Palestina. “Semoga dapat membersamai kebahagiaan saudara kita di Palestina, terimakasih rekan-rekan komunitas atas niat terbaiknya dalam bersama-sama menggalang dana ini, Semoga bermanfaat untuk kita dan para warga palestina yang sudah menunggu para dermawan yang peduli dimanapun mereka berada,” harap Elvan. []