Sejumlah Komunitas di Maluku Peduli Palestina

Dukungan untuk Al-Quds terus mengalir dari Indonesia. Kali ini datang dari berbagai komunitas di Maluku. Mereka menyuarakan dukungan penuh untuk mempertahankan Palestina.

Sejumlah Komunitas di Maluku Peduli Palestina' photo
Peserta aksi bela Palestina di Ambon. Mereka menyuarakan dukungan untuk tetap mempertahankan Al0Quds. (ACTNews)

ACTNews, MALUKU Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan Masyarakat Relawan Indonesia bersama beberapa komunitas di Maluku mengelar Aksi Damai Selamatkan Al-Quds, Jumat (7/2). Komunitas yang terdiri dari Himpunan Pemuda Pelajar Mahasiswa Ambalau Siwar, (HIPPMAS), Boma Universitas Pattimura, Forum Pemuda Pelajar Mahasiswa Selasi (Foppelmas), dan Community Empowerment (COMMENT) melakukan  aksi ini sebagai  bentuk penolakan terhadap Proposal Perdamaian Kesepakatan atau The Deal Of The Century. Aksi berlangsung di Lapangan Galunggung Tantui hingga di depan Masjid Raya Al-Fatah

Selaian Aksi Selamatkan Al-Quds, tim MRI-ACT Maluku juga melakukan penggalangan dana untuk kebutuhan pangan dan kursi roda bagi para penjuang Palestina. Kegiatan ini berjalan dengan lancar sambil dikawal oleh pihak keamanan setempat.

Kepala Cabang ACT Maluku Wahab mengatakan, represi zionis Israel terhadap Palestina sudah sangat lama terjadi seperti, penggempuran militer terhadap rumah-rumah warga Palestina, larangan muslim Palestina beribadah di Masjid Al-Aqsa, pembongkaran paksa rumah penduduk Palestina, serta merebut lahan milik rakyat Palestina. “Aksi ini menyuarakan penderitaan rakyat Palestina karena dengan adanya kesepakatan damai secara sepihak itu sangat merugikan Palestina,” ungkap Wahab.

Dalam aksi ini para peserta berharap Pemerintah Maluku juga bisa andil dalam mendukung keselamatan Al-Quds dan keselamatan masyarakat palestina. Selama ini penduduk Palestina telah sepenuh hati menjaga kiblat pertama umat Islam itu, dan kini keberadaan mereka terancam dengan adanya kesepakatan perdamaian sepihak itu. 

Selain di Maluku, ACT dan tim MRI bersama berbagai komunitas juga melakukan aksi serupa di wilayah lain. Di Semarang dan Yogyakarta misalnya. Pada pekan pertama Februari ini tim relawan dan masyarakat di sana menyuarakan dukungan untuk Palestina. Dukungan ini mengalir usai adanya kesepakatan damai secara sepihak yang merugikan Palestina.[]


Bagikan