Sejumlah Wilayah di Kabupaten Tanah Bumbu Diterjang Banjir

Sejumlah permukiman warga di Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu, terendam banjir setelah beberapa hari hujan deras mengguyur kabupaten di borneo selatan itu.

Permukiman di bantaran Sungai Danau, Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu, terendam banjir. (ACTNews)

ACTNews, TANAH BAMBU – Hujan terus mengguyur Kabupaten Tanah Bumbu, khususnya di wilayah Kecamatan Satui hingga Sabtu (21/6) pagi. Sejumlah permukiman pun terendam banjir. Hingga saat ini belum ada data korban jiwa.

Relawan Tanggap Darurat ACT Kalimantan Selatan Indra Gunawan melaporkan, intensitas hujan sempat membuat sejumlah kawasan terendam dengan ketinggian air mulai dari lutut sampai ke pinggang orang dewasa.

“Sejumlah wilayah yang terdampak yaitu Desa Satui Timur, daerah Angkasa Sungai Danau, dan Teluk Lahung Sinar Bulan,” jelas Indra

Hingga Ahad (21/6) pagi, lanjut Indera, akses utama di Desa Satui Timur terputus. Masyarakat yang keluar desa harus melewati Jalan Hauling Transmigrasi. Bahkan ada warga yang berjalan kaki sejauh 2,5 kilometer untuk pergi ke pasar demi keperluan membeli makanan.

Untuk daerah Angkasa Sungai Danau dan Teluk Lahung Sinar Bulan, banjir dirasakan oleh warga yang tinggal di bantaran Sungai Danau, Sebagian besar dari mereka berumah dari papan kayu.

Merespons banjir di Tanah Bumbu, Koordinator Program ACT Kalimantan Selatan Retno Sulisetiyani menerangkan, relawan ACT Kalsel sudah berada di lokasi sejak Ahad pagi dan tengah membantu evakuasi warga yang rumahnya terendam air. “Kita akan membuka Posko Kemanusiaan dan dapur umum untuk melayani kebutuhan darurat para pengungsi,” tegas Retno.[]