Sekalipun Sulit, Ummah Tetap Bertahan di Perantauan Selama Pandemi

“Kita serba sulit, di kota saja sulit apalagi di kampung. Karena tidak ada pekerjaan sama sekali. Ke sawah, tidak punya sawah. Jadi pilih bertahan di sini (perantauan) dengan konsekuensi yang sulit juga,” kata Ummah salah seorang warga di Duren Sawit.

ummah warga jaktim
Ummah menerima makanan siap santap, usai memanfaatkan layanan Food Careline Services. (ACTNews/M. Ubaidillah)

ACTNews, JAKARTA TIMUR – Pandemi Covid-19 membuat suami Ummah, warga Kelurahan Duren Sawit, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur menganggur. Usaha katering tempatnya bekerja hampir gulung tikar dan kesulitan bertahan, sehingga merumahkan semua karyawan. 

Ummah menceritakan, saat ini sang suami bekerja serabutan menjadi kuli bangunan dengan penghasilan dan waktu kerja yang tidak menentu. Jika sedang ramai tawaran kerja, sang suami pulang dua pekan sekali dengan membawa uang bayaran sebesar Rp1,5 juta. 

“Kalau lagi enggak ada kerjaan di rumah saja bisa sebulan. Kalau lagi kosong (tidak ada pekerjaan), mengojek atau menjadi tukang panggul di pasar. Apa saja yang penting cari nafkah  halal,” kata Ummah, Selasa (27/7/2021). 

Ummah dan suami berasal dari Tasikmalaya. Meski sedang dalam kondisi sulit, Ummah sekeluarga memilih menetap di Jakarta. Ini dilakukan karena di kampung halaman kondisinya tidak lebih sulit dan tidak ada pekerjaan yang bisa didapatkan. 

“Kita serba sulit, di kota saja sulit apalagi di kampung. Karena tidak ada pekerjaan sama sekali. Ke sawah, tidak punya sawah. Jadi pilih bertahan di sini (perantauan) dengan konsekuensi yang sulit juga,” ujarnya. 

Saat sedang tidak memiliki uang untuk memenuhi kebutuhan, Ummah terpaksa harus berutang. Dirinya dan suami mungkin bisa bertahan untuk tidak makan sehari, tetapi kedua anaknya yang masih belia belum mengerti kondisi yang ada. 

Di tengah kesulitan ini, Ummah memanfaatkan layanan Food Careline Services dari Aksi Cepat Tanggap (ACT). Makanan siap saji pun sampai kepadanya di hari itu. “Adanya layanan Food Careline Services ini juga sangat membantu. Kita tidak perlu khawatir kelaparan dan responsnya juga cepat,” pungkas Ummah. []