Sekitar 1.500 Jiwa Terdampak Kebakaran di Wilayah Pasar Gembrong

Api yang membakar sejak Ahad (24/4/2022) malam, baru dapat dipadamkan pada Senin (25/4/2022).

kebakaran pasar gembrong
Sebanyak 130 personel dan 26 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA – Si jago merah melahap beberapa wilayah Pasar Gembrong, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur. Dugaan sementara, kebakaran terjadi diduga akibat hubungan arus pendek listrik, hingga api mulai membesar sekitar pukul 21:06 WIB pada Ahad (24/4/2022).

Api baru bisa dipadamkan pada Senin (25/4/2022) pukul 03.00 dini hari. Wilayah yang terdampak yaitu RT 02, 03, 04, 05, dan 06 dengan total 400 kepala keluarga serta sekitar kurang lebih 1.500 jiwa terdampak.

Arini salah satu warga yang terdampak menyatakan bahwa warga tidak sempat menyelamatkan harta dan kini satu-satunya hal yang ia miliki hanyalah baju yang saat itu ia kenakan. “Berharap saya bisa mengkontrak lagi kalau ada uang. Karena modal dagangan saja habis semua,” ungkapnya.


Tidak tanggung-tanggung besarnya kobaran api membuat 130 personel dan 26 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan. Kerugian dari kejadian inipun ditaksir mencapai 1,5 miliar. Hingga berita ini diturunkan, jalan ditutup untuk pendirian tenda pengungsian di Jalan Basuki Rahmat sehingga diberlakukan jalan satu arah.

Merespons bencana tersebut, Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) segera melakukan asesmen ke lokasi bencana. Muhamad Albar dari Tim Program Regional Jakarta-Banten mengungkapkan bahwa masyarakat sangat membutuhkan bantuan dari para sahabat dermawan.

“Kebutuhan yang mendesak yakni tempat tinggal, pakaian, dan makanan cepat saji. Ayo sama-sama kita mudahkan mereka dan berikan bantuan terbaik bagi para penyintas kebakaran wilayah Pasar Gembrong,” ucap Albar. []