Selain Gizi, BeGiTu Edukasi Pengurangan Pemakaian Plastik

Selain Gizi, BeGiTu Edukasi Pengurangan Pemakaian Plastik

ACTNews, LOMBOK TIMUR – Layanan Bengkel Gizi Terpadu (BGT) di Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) terus berlanjut. Kamis (28/2), layanan untuk mengawal kondisi gizi anak-anak di kecamatan yang ada di kaki Gunung Rinjani ini diadakan di Aula Kantor Kecamatan Sembalun.

Pelayanan gizi yang diselenggarakan oleh Global Zakat-ACT tersebut dihadiri 88 peserta. Masing-masing peserta mendapatkan paket gizi berupa susu, telur, serta biskuit. Sedangkan 27 orang yang berhalangan hadir juga dikirimkan paket ke rumahnya. Yang menarik ialah, pengemasan paket gizi tak lagi menggunakan plastik, melainkan tas jinjing.

Relawan BGT Iqbal Nurwahid mengatakan, penggunaan kemasan tas ini agar penggunaannya dapat berulang-ulang. Selain itu, cara ini juga dapat menggurangi penggunaan plastik dalam setiap pemberian paket gizi. “Kami sekaligus ingin mengedukasi masyarakat untuk menjaga lingkungan, dilakukan sejak intervensi gizi ke-4” jelasnya, Jumat (1/3).

Selain pemberian paket gizi, program BGT juga melakukan pemantauan berat badan dan tinggi badan peserta. Sedangkan dari pemeriksaan gizi, masih terdapat 48 anak mengalami gizi buruk. Iqbal mengungkapkan, angka tersebut telah turun dibandingkan saat pertama kali aksi. Pada pencatatan awal pada November lalu, terdata 52 anak mengalami gizi buruk.

Sebanyak 47 dari 115 peserta yang mendapatkan pendampingan gizi dari program ini,  masih dalam keadaan gizi kurang. Sedangkan 21 anak sudah dinyatakan dalam kondisi gizi baik. []