Selain Rohingya, Armada Kemanusiaan ACT Turut Penuhi Kebutuhan Warga Aceh

Tidak hanya membantu pengungsi Rohingya, armada-armada kemanusiaan ACT juga melayani warga Aceh Utara. Jumat (10/7), Humanity Water Truck dan Ambulans-Pre Hospital menuju Gampong Kuala Lancok, Kecamatan Syamtalira Bayu, untuk distribusi air bersih dan melakukan pelayanan kesehatan.

Selain Rohingya, Armada Kemanusiaan ACT Turut Penuhi Kebutuhan Warga Aceh' photo
Tim medis ACT melakukan pemeriksaan kesehatan kepada salah satu warga. (ACTNews)

ACTNews, ACEH UTARA – Aksi Cepat Tanggap (ACT) mengerahkan Humanity Water Truck dan Ambulans Pre-Hospital menuju Gampong Kuala Lancok, Kecamatan Syamtalira Bayu, Kabupaten Aceh Utara. Jumat (10/7), kedua armada kemanusiaan tersebut mendistribusikan air bersih juga memberikan layanan kesehatan gratis kepada warga.

Bantuan air bersih dan layanan kesehatan ini disalurkan di empat dusun di Kuala Lancok. Salah satunya di Dusun Blang Lancang, di mana masyarakatnya masih kesulitan memperoleh air bersih. Untuk kebutuhan sehari-hari, mereka tidak memiliki pilihan lain selain membeli air bersih. Pasalnya, sumber air yang mereka dapatkan selama ini asin dan kuning.

Kebutuhan mendesak warga Kuala Lancok direspons cepat oleh ACT Lhokseumawe dengan mengirimkan bantuan 20 ribu liter air bersih. Sejumlah masyarakat sudah mengantre untuk pembagian air bersih, baik di depan rumah masing-masing maupun di meunasah.


Salah seorang warga saat sedang mengambil bantuan air bersih dari Humanity Water Truck. (ACTNews)

Di samping aksi Humanity Water Truck, Ambulans Pre-Hospital juga hadir di tengah mesyarakat untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis. Masyarakat tinggal datang saja dan dibantu oleh tim medis ACT.

Dokter Dwi Meliza Putri dari tim medis ACT mengatakan kehadiran layanan kesehatan ini untuk mempermudah masyarakat yang memang tidak bisa keluar rumah. Terutama karena adanya pandemi Covid-19.

“Kita ikut membantu masyarakat yang tidak sempat ke puskesmas maupun yang masih enggan keluar karena Covid-19. Maka kita hadir di tengah masyarakat untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis,” ujar Meliza.


Kepala Desa Kuala Lancok Nasruddin mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada ACT yang telah membantu warganya. “Terima kasih untuk pihak ACT yang telah membagi (bantuan) kepada masyarakat. Dan masyarakat sangat terbantu dengan adanya distribusi air bersih dan layanan kesehatan gratis untuk mereka,’’ ungkapnya.

Masyarakat Kuala Lancok sendiri merupakan masyarakat dermawan yang telah menolong etnis Rohingya beberapa waktu lalu. Ketika para penyintas ini terdampar di pesisir Kuala Lancok, masyarakat setempat yang kemudian membantu mengevakuasi mereka.

ACT berkomitmen membantu masyarakat Rohingya yang terdampar tersebut dengan menghadirkan armada kemanusiaan seperti Humanity Food Truck, Humanity Water Truck, dan Ambulans Pre-Hospital. Selain membantu etnis Rohingya, ikhtiar ACT juga untuk dapat memberikan manfaat kepada masyarakat setempat. []

Bagikan