Semangat Kemerdekaan Hadir Sampai ke Tepian Negeri

Di momen kemerdekaan, ACT bersama MRI berbagi kebahagiaan hingga ke tepian negeri. Membawa pangan dari Operasi Pangan Gratis, aksi ini sekaligus mengisi kemeriahan HUT RI.

Penyerahan bantuan pangan ke awak kapal yang mengatar tim ACT-MRI sampai ke Pulau Nasi, Aceh Besar. (ACTNews)

ACTNews, ACEH BESAR Pandemi Covid-19 masih berlangsung dan dampaknya sangat terasa di masyarakat, khususnya mereka yang berpenghasilan rendah. Menanggapi kondisi tersebut, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Aceh menggelar Operasi Pangan Gratis (OPG) yang disalurkan ke masyarakat prasejahtera hingga ke tepian negeri.

Salah satu lokasi distribusi Operasi Pangan Gratis ialah Pulau Nasi, di Aceh Besar. Bertepatan dengan momen kemerdekaan 17 Agustus 2021, didukung relawan Masyarakat Relawan Indonesia, ACT singgah ke Pulau Nasi. Paket pangan diberikan ke warga prasejahtera di pulau yang lokasinya berada di tepian negeri tersebut.

“Alhamdulllah, selain Operasi Pangan Gratis ke keluarga prasejahtera, ada juga bantuan untuk dai di tepian negeri. Pulau Nasi dipilih sebagai salah satu tempat implementasi kebaikan karena lokasinya berada di tepian negeri yang membutuhkan perjalanan laut berjam-jam,” jelas Fitdha Khairadini dari tim MRI Banda Aceh.

Tak hanya tepian negeri, ACT dan MRI juga menghadirkan Operasi Pangan Gratis bagi penyintas kebakaran di Desa Balui, Darul Kamal, Aceh Besar. Pasalnya, kondisi penyintas sampai sekarang masih ada yang tinggal di tenda darurat.  Selain itu, ada juga penyintas yang mengalami penyakit bocor jantung dan hernia sehingga membutuhkan perhatian khusus.

Kepala Cabang ACT Aceh Zulfurqan mengatakan, Operasi Pangan Gratis merupakan ikhtiar nyata mendampingi masyarakat di tengah gempuran pandemi. Semua kebaikan yang tersalurkan pun tak lepas dari peran dermawan yang menyalurkan kepeduliannya melalui ACT.

“Operasi Pangan Gratis di Aceh tak hanya hadir di momen kemerdekaan saja, tapi bakal terus berlanjut bahkan meluas,” jelasnya.

Operasi Pangan Gratis Menyapa Pasien Covid-19

Di hari yang sama dengan keberangkatan ke Pulau Nasi, ACT Aceh mendapatkan laporan melalui pesan singkat mengenai dua keluarga di Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh, dengan kondisi tidak berpenghasilan dan memiliki anggota keluarga yang terpapar Covid-19 sehingga perlu menjalani isolasi mandiri.

Bergerak cepat, ACT bersama MRI Banda Aceh segera memberikan bantuan pangan kepada kedua keluarga ini setelah mendapatkan kabar tersebut.[]