Semangat Ustaz Kohar Mebimbing Warga Dusun Pasir Randu, Garut

Selain membimbing orang dewasa, Ustaz Kohar membimbin anak-anak mengaji. Ia berjasa membimbing masyarakat di sana yang kebanyakan mualaf.

ustaz kohar berdakwah
Ustaz Kohar dan para santri bergotong royong menampung air di drum. (ACTNews)

ACTNews, GARUT – Tidak ada yang bisa menghentikan semangat Ustaz Abdul Kohar Koswara berdakwah di Dusun Pasir Randu, Desa Samudera Jaya, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut. Ia berjasa membimbing masyarakat di sana yang kebanyakan mualaf.

Selain membimbing orang dewasa, Ustaz Kohar membimbin anak-anak mengaji. Aktivitas dilakukan di langgar berukuran 4x4 meter. Bangunan itu berdinding gipsum. MCK dan tempat wudu hanya berbentuk kobong yang ditutup menggunakan terpal. 

Ustaz Kohar menerangkan, warga dan jemaah mengandalkan air hujan yang ditampung di drum untuk bersuci dan pertanian. “Atau ambil air dari sungai di bawah yang jaraknya 300 meter dari musala,” katanya, Jumat (24/12/2021).  

Sebelum kegiatan mengaji dimulai, ustaz Kohar dan para santri bergotong royong mengambil air di sungai. Saat hujan pun, harus segera menaruh ember dan jerigen. 

Rizky Nugraha dari tim ACT Garut menjelaskan, akses ke Dusun Pasir Randu cukup sulit. Jalanan masih bebatuan dan licin saat turun hujan. “Perjalanan dari kantor ACT Garut di Tarogong ke Dusun Pasir Randu sekitar empat jam melewati perbukitan Gunung Cikuray,” ujarnya. 

Rizky mengatakan, ustaz Kohar mengajar mengaji tanpa dibayar. Ia hanya ingin anak-anak di Dusun Pasir Randu terus belajar agama. Sementara, untuk menghidupi kebutuhan sehari-hari, ustaz Kohar bertani.[]