Semarak Dukungan Psikososial Pascatsunami di Desa Kunjir

Semarak Dukungan Psikososial Pascatsunami di Desa Kunjir

Semarak Dukungan Psikososial Pascatsunami di Desa Kunjir' photo

ACTNews, LAMPUNG SELATAN - Jejak kerusakan pascatsunami bisa cepat dipulihkan. Tapi berbeda dengan jejak trauma dan kesedihan. Masih di fase pemulihan pascabencana tsunami yang menerjang Lampung Selatan, Ahad (20/01) Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Lampung melakukan kegiatan Dukungan Psikososial (DP) untuk lebih kurang 160 anak penyintas tsunami di Desa Kunjir, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan.

Program Dukungan Psikososial ini merupakan inisiasi gabungan Posko Wilayah ACT di Lampung Selatan, baik dari Posko Sukaraja, Maja, Way Muli, Way Urang, dan Posko Kunjir.

Tidak hanya itu, kegiatan ini juga dimeriahkan oleh hadirnya siswa dan guru dari Yayasan Al-Ikhlas Cendekia (TKIT Abatatsa, SDIT Abatatsa, SMPIT Ikhlas Cendekia, SMAIT Ikhlas Cendekia) Kabupaten Lahat. Datang jauh dari Lahat, keluarga besar Yayasan Al-Ikhlas Cendekia sekaligus menyerahkan donasi bantuan untuk korban tsunami Selat Sunda.

Bertempat di area pengungsian SMAN 1 Rajabasa Desa Kunjir, anak-anak begitu antusias mengikuti kegiatan. Bermain dan melupakan trauma, mereka dibagi dalam 2 kelompok besar, yakni kategori SD dan SMP.

Sepanjang acara, semarak dihadirkan dengan kegiatan fun games, motivasi, juga tausiah. Makin bergemuruh lagi keseruan dengan hadirnya door prize atau hadiah-hadiah yang sudah disiapkan sebelumnya. Paket door prize itu berupa paket belajar, sampai amplop uang jajan untuk anak-anak penyintas tsunami.

Komandan Posko ACT di Kunjir Ridwan Subarkah mengucapkan terima kasihnya atas sepaket acara Dukungan Psikososial ini. Tak lupa Ridwan mengucapkan terima kasihnya atas kehadiran Yayasan Al Ikhlas Cendekia yang sudah jauh-jauh datang dari Kabupaten Lahat.

“Pertama kami ucapkan selamat datang di Desa Kunjir kepada Yayasan Al Ikhlas Cendekia Lahat. Desa Kunjir merupakan daerah dengan dampak terparah dari tsunami Lampung Selatan 22 Desember lalu. Kami juga ucapkan terima kasih atas donasinya hari ini, juga sudah ikut menghadirkan kegembiraan kepada anak-anak penyintas di Desa Kunjir," terang Ridwan Subarkah.

Sementara itu, Gelar selaku Komandan Posko ACT dari wilayah Sukaraja turut menyampaikan kegembiraannya. "Kegiatan ini merupakan gabungan dari posko-posko ACT untuk respons tsunami di di Lampung Selatan. Mengingat jumlah peserta yang banyak, kami turun semua. Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar dan diikuti dengan antusias oleh anak-anak," ucap Gelar.

Selain donasi dalam bentuk dana tunai, Yayasan Al-Ikhlas Cendekia Kabupaten Lahat juga menyerahkan donasi Paket Buku Sirah Rasulullah kepada Posko ACT Wilayah Kunjir. Nantinya paket ini akan diberikan kepada beberapa sekolah yang mengalami kerusakan akibat tsunami.

Muhammad Hatta Perwakilan Yayasan Al-Ikhlas Cendekia juga mengucap syukurnya bisa membaur langsung dengan anak-anak penyintas di Desa Kunjir, memberikan sedikit kegembiraan untuk mereka.

“Pastinya kami ucapkan terima kasih kasih kepada ACT yang hingga hari ini masih terus membersamai mereka. Kami menyampaikan amanah donasi dari para siswa yang kami serahkan kepada ACT. Keberangkatan kami ini juga didampingi oleh MRI Sumsel, Korda Kabupaten Lahat," jelas Muhammad Hatta, perwakilan Yayasan Al Ikhlas Cendekia. []

 

Tag

Belum ada tag sama sekali

Bagikan