Semarak Iduladha, Ratusan Hewan Kurban Disembelih untuk Warga Prasejahtera Sulteng

Total hewan kurban yang disembelih pada Jumat (31/7) hingga Sabtu (1/8) yakni 14 ekor sapi dan 220 ekor kambing. Penyembelihan hewan kurban pada hari Iduladha ini difokuskan pada penyembelihan sapi dengan memperhatikan protokol Covid-19.

Semarak Iduladha, Ratusan Hewan Kurban Disembelih untuk Warga Prasejahtera Sulteng' photo
Relawan Global Qurban - ACT Sulawesi Tengah menimbang daging kurban untuk selanjutnya dibagikan kepada warga prasejahtera. (ACTNews/Chandra)

ACTNews, PALU - Global Qurban - ACT Sulawesi Tengah tanpa henti membersamai warga yang membutuhkan, terutama bagi warga prasejahtera. Pada pelaksanaan Iduladha 1441 Hijriah yang jatuh pada Jumat (31/7) ini, Global Qurban - ACT menyembelih ratusan hewan kurban, amanah dermawan Indonesia dan beberapa lembaga kemanusiaan, salah satunya Insani Yardim Vakfi (IHH).

Koordinator Program Global Qurban - ACT Sulawesi Tengah Mustafa mengatakan, total hewan kurban yang disembelih pada Jumat (31/7) hingga Sabtu (1/8) yakni 14 ekor sapi dan 220 ekor kambing. Penyembelihan hewan kurban pada hari Iduladha ini difokuskan pada penyembelihan sapi dengan memperhatikan protokol Covid-19. Daging kurban yang telah dicacah lantas didistribusikan untuk warga prasejahtera di Kabupaten Banggai Laut, Kabupaten Sigi, dan Kabupaten Parigi Moutong.   

"Di Banggai Laut, kami menyembelih  ada dua ekor sapi, di Parigi Moutong satu ekor sapi, dan Sigi satu ekor sapi. Sementara di Kota Palu sendiri kami menyembelih sebanyak 10 ekor sapi, yang berfokus di Kelurahan Duyu, Kecamatan Tatanga, Kota Palu. Kami menargetkan penyaluran daging kurban sapi akan selesai hari ini," ujarnya, Jumat (31/7).

Untuk Kelurahan Duyu sendiri, daging kurban akan dibagikan kepada 200 keluarga prasejahtera. Pasalnya, Kelurahan Duyu merupakan salah satu wilayah yang juga terdampak bencana pada 2018 silam. Ditambah lagi banyak warga yang kian terpuruk akibat pandemi Covid-19.

"Itulah kenapa kami harus fokus distribusi di sini. Kita bisa lihat, banyak pekerja, khususnya di Kelurahan Duyu yang di-PHK, mereka tidak bekerja sampai sekarang. Ini bagian dari ikhtiar kita juga untuk membantu sesama umat," imbuh Mustafa.

Penyembelihan hewan kurban akan berlanjut pada Sabtu (1/8), yakni sebanyak 220 ekor kambing. "Insyaallah kambing disembelih Sabtu besok, dan pendistribusiannya akan berlangsung hingga hari tasyrik kedua atau ketiga," kata Mustafa.

Masriani, salah satu warga Kelurahan Duyu, Masriani, mengaku bersyukur mendapat daging kurban dari Global Qurban - ACT. Ia berharap Global Qurban - ACT Sulteng tetap dengan ikhtiarnya untuk membersamai umat. "Terima kasih ACT, terima kasih IHH, semoga Allah membalas kebaikan kalian," ungkapnya.

Nurmajani Loulembah selaku Kepala Cabang Global Qurban - ACT Sulawesi Tengah menjelaskan, penyembelihan dan pendistribusian hewan kurban di seluruh Indonesia akan berlangsung hingga hari tasyrik ketiga, yakni Senin (3/8). "Insyaallah pendistribusian kurban akan kami lakukan hingga hari tasyrik ketiga. Bagi dermawan yang masih ingin menyalurkan hewan kurbannya melalui Global Qurban - ACT, bisa langsung ke website Global Qurban atau melalui kantor cabang Global Qurban - ACT di kota terdekat," pungkas Nurmajani. []



Bagikan