Semarak Lebaran Warga Kampung Muka Bersama Humanity Food Truck

Momen Idulfitri, momennya berbagi. ACT pun berbagi ratusan paket makanan siap santap lewat Humanity Food Truck kepada warga prasejahtera di Kampung Muka, Kelurahan Angke, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara.

Pembagian paket makanan siap santap dari Humanity Food Truck di Kampung Muka. (ACTNews/Reza Mardhani)

ACTNews, JAKARTA – Di hari yang fitri, Aksi Cepat Tanggap (ACT) terus berbagi kebahagiaan kepada warga yang membutuhkan di ibu kota Jakarta. Ahad (25/5), Humanity Food Truck ACT menyemarakkan hari Lebaran warga Kampung Muka, Kelurahan Angke, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara dengan berbagi 500 paket makanan siap santap.

“Hari ini kita membagikan 500 makanan siap saji untuk warga di Kampung Muka, bertepatan dengan hari raya Idulfitri. Harapan kita, meskipun keadaan sedang sulit karena pandemi seperti sekarang ini, tapi warga dapat tetap berbahagia karena kepedulian dari para dermawan,” kata Robi selaku Kordinator Aksi, Ahad (25/5).

Selain dilakukan pada satu titik, pendistribusian makanan juga dilakukan dari rumah ke rumah dikarenakan mengikuti imbauan pembatasan jarak fisik dari pemerintah. Masyarakat Kampung Muka menyambut antusias bantuan yang diantarkan langsung oleh ACT.

“Untuk menjangkau warga lebih banyak lagi, kita juga turunkan tim untuk mengantarkan langsung dari rumah ke rumah, sehingga tidak menimbulkan kerumunan. Alhamdulillah, masyarakat menyambut baik aksi kita pada hari ini,” tutur Robi.


Distribusi ke rumah salah satu warga. (ACTNews/Akbar)

Marfuah, salah satu warga, bersyukur dengan hadirnya ACT di lingkungan mereka. Marfuah sebagai guru mengaji di Taman Pendididkan Alquran (TPA) setempat, tak lagi mendapatkan penghasilan akibat hadirnya pandemi. Ia kini mengandalkan bantuan untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari karena belum ada lagi pemasukan bahkan sampai hari Lebaran.

Ia senang karena bukan kali ini saja ACT datang ke wilayah mereka. "Ya alhamdulillah, ada bantuan. Kemarin kan ACT ada pembagian beras juga, lalu ada telur dan minyak juga bantuan dari orang lain. Jadi untuk Lebaran ini kita masak opor telur,” ucap Marfuah.


Robi berharap ACT dapat terus membersamai masyarakat Kampung Muka di tengah pandemi karena cukup banyak masyarakat yang terdampak. Terutama bagi mereka yang memang terdampak secara ekonomi karena penghasilannya berkurang atau bahkan tidak ada sama sekali.

“Kita berharap aksi-aksi kemanusiaan ini akan terus berlanjut, sehingga kita bisa melewati pandemi ini bersama. Oleh karenanya kami berharap dukungan dari para dermawan juga untuk terus peduli kepada masyarakat, terutama di Kampung Muka,” harap Robi. []