Semaraknya Persiapan Idulfitri di Hunian Nyaman Terpadu, Lombok

ACT kembali membersamai warga di ICS Gangga dengan memberikan bantuan untuk Idulfitri.

Semaraknya Persiapan Idulfitri di Hunian Nyaman Terpadu, Lombok' photo

ACTNews, LOMBOK UTARA - Semarak menyambut Idulfitri terlihat di kompleks Hunian Nyaman Terpadu atau Integrated Community Shelter (ICS) di Desa Gondang, Kecamatan Gangga, Lombok Utara. Setelah menjalani Ramadan di lokasi pengungsian, kini ratusan pengungsi ICS juga akan merayakan Idulfitri perdana mereka di pengungsian.

Untuk membersamai idulfitri warga di ICS, ACT semenjak Selasa (4/6) pagi menyiapkan dua ekor sapi yang telah disembelih. Warga bergotong-royong menyiapkan daging sapi yang rencananya akan disajikan esok hari, Rabu (5/6).


“Besok kami akan mengadakan acara silaturahim dan perayaan Idulfitri bersama masyarakat Lombok. Ini merupakan rangkaian acara yang tidak terputus dari ACT sebagai pendampingan, jadi tidak hanya saat gempa saja, tapi sampai saat ini kami masih membersamai masyarakat Lombok,” kata Riski Andriyani sebagai penanggung jawab program perayaan Idulfitri di ICS Gondang, Selasa (4/6).

Daging sapi tersebut rencananya akan disajikan bersamaan dengan acara khataman Alquran, zikir, dan syukuran warga karena mereka telah melewati Ramadan kali ini dengan baik. Selain membagikan daging sapi melalui acara makan bersama, Riski mengatakan ACT akan membagikan paket Lebaran kepada warga yang tinggal di ICS.

Hampir semua kegiatan tersebut akan dilakukan di masjid setelah salat Idulfitri. Oleh karenanya, mulai pagi tadi masyarakat juga telah membenahi masjid di ICS untuk acara-acara tersebut. H. Ahmad Rifai, pengurus masjid, mengatakan masyarakat memang menyambut dengan antusias setiap kegiatan yang telah dilakukan oleh ACT.

“Alhamdulillah, masyarakat di sini menyambut dengan senang hati apa yang telah disumbangsihkan oleh ACT selama ini. Karena kami telah banyak merasakan hal-hal yang sifatnya membantu dari ACT untuk masyarakat di sini,” ujarnya.

Gempa hebat yang menghantam Lombok pada Agustus 2018 lalu, memang menarik empati yang sangat dalam dari seluruh negeri. ACT pada September 2018 lalu, menunjukkan rasa empati tersebut, salah satunya dengan membangun ICS di Desa Gondang ini.

Selain berfungsi sebagai rumah sementara warga hingga Desa Gondang  pulih nanti, ICS juga menyediakan fasilitas-fasilitas lain bagi penyintas gempa. Mereka di antaranya masjid, toilet, bahkan hingga sekolah yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat setempat. []

Bagikan