Semarang Gemakan Pembebasan Palestina

Kepedulian terhadap Palestina terus menggema dari bangsa Indonesia. Kali ini, di Semarang, bersama KKIPP, dukungan itu hadir untuk memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

1
Sebuah spanduk yang telah dibubuhkan tanda tangan dari warga Semarang sebagai bentuk dukungan untuk kemerdekaan Palestina. (ACTNews)

ACTNews, SEMARANG Semangat mendukung Palestina terus berdatangan dari berbagai elemen masyarakat Indonesia. Tak terkecuali dari komunitas, lembaga sosial, tokoh masyarakat hingga tokoh agama di Kota Semarang. Melalui Komite Kemanusiaan Internasional Pembebasan Palestina (KKIP) yang menjadi wadah, Kota Semarang gemakan dukungan untuk Palestina.

Melalui KKIPP masyarakat sipil diajak ikut serta dalam menyuarakan keadilan atas dasar kemanusiaan kepada saudara kita di Palestina, ungkap Septi Endrasmoro, Kepala Cabang Aksi Cepat Tanggap Jawa Tengah, Kamis (17/6/2021).

Di Semarang, ungkap Septi, bersama KKIPP, warga  sudah mendeklarasikan dukungan untuk Palestina pada tanggal 9 Juni lalu. “Estafet dukungan untuk kemerdekaan Palestina masih berlanjut hinga kini melalui serangakaian aksi solidaritas, kajian ilmiah, ajakan kepada masyarakat, sampai edukasi terkait recovery Palestina pascaserangan brutal beberapa waktu lalu,” imbuh Septi.

Saat deklarasi KKIPP di Semarang, hadir pula Ulama Nasional Habib Muhammad bin Anies Shahab dari Malang. Ia menyampaikan pentingnya solidaritas kemanusiaan dunia Islam untuk mendukung perjuangan Palestina.

Perumpamaan orang-orang yang beriman di dalam saling mencintai, saling menyayangi dan mengasihi adalah seperti satu tubuh, bila ada salah satu anggota tubuh mengaduh kesakitan, maka anggota-anggota tubuh yang lain ikut merasakannya, yaitu dengan tidak bisa tidur dan merasa demam,” ungkap Habib Muhammad bin Anies Shahab untuk perumpamaan dengan mengutip sebuah hadis.

Jika ada saudara kita di Palestina yang kesakitan dan terzalimi, lanjut Habib Muhammad bin Anies Shahab, maka sudah menjadi kewajiban kita sesama muslim, paling tidak sesama manusia, untuk membantu dengan apapun yang bisa kita berikan. Yang bisa memberikan doa berikan doa terbaik, yang bisa membantu donasi berikan donasi terbaik, yang bisa membantu diplomasi politik berikan kontribusi dan seterusnya jangan  sampai kita hanya berdiam diri melihat kezaliman,” tambah Habib.

Selain di Semarang, deklarasi dukungan masyarakat bersama KKIPP juga bergaung di wilayah lain. Total lebih dari 80 kota/kabupaten di Indonesia yang telah menyelenggarakan deklarasi serupa. Di Palestina, KKIPP tengah berikhtiar melakukan aksi-aksi kemanusiaan, salah satunya dengan menghadirkan ambulans bersama Aksi Cepat Tanggap. Bantuan lain pun akan segera hadir, seperti pemenuhan pangan, pendidikan, ekonomi hingga tempat tinggal.[]