Sembako Gratis Semangati Santri di Balikpapan Menuntut Ilmu

Hadirnya pandemi membawa dampak ke berbagai sektor kehidupan, termasuk pendidikan dan ekonomi. Merespons hal ini, ACT bersama Badan Dakwah Islam Pertamina Hulu Kalimantan Timur mendistribusikan paket pangan untuk santri prasejahtera.

Tim ACT sedang memberikan bantuan paket sembako untuk Pondok Tahfizh Al Mukhlisin Balikpapan. (ACTNews/Iqbal)

ACTNews, BALIKPAPAN  Pandemi Covid-19 yang hingga kini belum berakhir telah membawa dampak ke berbagai sektor kehidupan. Sejak dinyatakan masuk ke Indonesia pada Maret lalu, aktivitas pendidikan dengan cara tatap muka ditiadakan. Begitu juga kegiatan ekonomi yang memiliki berbagai kendala yang kemudian membawa dampak penurunan ekonomi dan pendapatan di berbagai kalangan.

Melihat luasnya dampak kurang baik dari adanya pandemi ini, Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama Badan Dakwah Islam Pertamina Hulu Kalimantan Timur menjalin kolaborasi kemanusiaan. Aksi kebaikan ini terjalin dengan menargetkan para santri di berbagai pesantren sebagai penerima manfaat. Bantuan dalam bentuk pangan ini pun disambut baik oleh santri dan pihak pesantren.

“Bagi pelajar, adanya pandemi ini cukup berpengaruh pada kehidupan mereka. Untuk urusan pendidikan ada hambatan karena tak langsung bertatap muka dengan teman dan guru-guru. Sedangkan dalam sektor ekonomi, tak sedikit orang tua murid yang ekonominya mengalami penurunan selama pandemi,” jelas Muhammad Iqbal dari Tim Program ACT Kalimantan Timur pada pertengahan Oktober lalu.

Ada empat pesantren yang menjadi sasaran penerima paket pangan hasil kolaborasi kemanusiaan ini. Pesantren ini merupakan pesantren prasejahtera. Selain pesantren, beberapa panti asuhan juga menerima paket pangan. Harapannya, paket pangan dapat meringankan beban penerima manfaat dalam beberapa waktu mendatang.

Bantuan pangan dari ACT untuk pesantren bukanlah yang pertama kali saja. Terhitung, sudah tahun lebih ACT mendampingi pesantren lewat program Beras untuk Santri Indonesia. Melalui program ini, sedekah masyarakat yang terhimpun disalurkan ke pesantren-pesantren prasejahtera dalam bentuk beras.

Iqbal menambahkan, hingga kini, ACT masih terus mendistribusikan paket pangan ke berbagai pesantren melalui program BERISI. Seluruh pihak pun bisa ambil bagian dalam aksi kebaikan ini. Kemudahan bersedekah pun telah ACT sediakan. “Untuk kemudahan bersedekah, masyarakat bisa mengunjungi laman Indonesia Dermawan,” ajaknya.[]