Sembilan Sumur Wakaf di Palestina jadi Sumber Mata AIr bagi Ribuan Warga

Sejak Juli 2020 hingga Maret 2021, sembilan Sumur Wakaf telah rampung dan menjadi sumber mata air bagi ribuan warga Palestina.

Ilustrasi. Salah satu Sumur Wakaf yang dibangu Sahabat Dermawan di Palestina. (ACTNews)

ACTNews, PALESTINA – Pembangunan Sumur wakaf semakin gencar dilakukan di Palestina. Sejak Juli 2020 hingga Maret 2021, sembilan Sumur Wakaf telah rampung dan menjadi sumber mata air bagi ribuan warga Palestina.

Sembilan sumur tersebut masing-masing berada di Johour Al Deek menjangkau 357 rumah, Al Mughraqa menjangkau 252 rumah, Abu Ramez Baroud Kota Bait Lahia menjangkau 60 rumah, Wadi Al Salqa Dair Al Balah menjangkau 300 rumah,  Kota Khuza’a menjangkau 500 rumah, Jabalia menjangkau 162 rumah, Al Zawaida menjangkau 2.074 rumah, Kota Al Zahra’a menjangkau 1.976 rumah, dan Al musaddar menjangkau 2.314 rumah.

Said Mukaffiy dari Tim Global Humanity Response-ACT menjelaskan, sumur yang dibangun memiliki sistem yang berbeda dengan program sumur wakaf lainnya. Di palestina, pengeboran air menggunakan teknologi canggih sehingga sumur bisa menghasilkan ribuan hingga puluhan ribu liter air per jam. Salah satunya di Al Musadar yang bisa menghasilkan 35.000 liter air setiap jam.


Baca juga: Bantuan Material Kelistrikan dari Dermawan Indonesia Dukung Operasional Rumah Sakit Terbesar di Gaza

 

“Air sumur pipanisasi ini langsung disalurkan ke rumah-rumah dengan menghubungkan ke saluran pipa  air pemerintah setempat sehingga tidak perlu membawa dirigen ke lokasi dan menjadi lebih efisien dan dan efektif,” ujar Said.

Sembilan sumur yang dibangun oleh ACT bekerjasama dengan lembaga lainnya telah menjawab harapan warga Palestina terkait pasokan air bersih. Dengan adanya sumur ini, diharapkan warga Palestina tidak lagi mengalami kekeringan ataupun membeli air.[]