Sempat Tinggal Berdampingan Dengan Kandang Kambing, Bambang Kini Miliki Rumah Lebih Layak

Dengan dukungan para dermawan, Bambang kini miliki rumah lebih layak yang menggantikan rumah gubuk 2x3 yang sebelumnya ia tinggali.

bantuan rumah jabar
Ikhtiar untuk mewujudkan mimpi Bambang ini telah berjalan sejak Desember 2020 lalu. (ACTNews/Dean Ramadhan)

ACTNews, KABUPATEN TASIKMALAYA – Tempat tinggal Bambang kini terlihat jauh lebih baik dari sebelumnya. Rumah milik warga Kampung Budiwangi, Desa Cisempur, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Tasikmalaya itu pun, dilengkapi beberapa ruangan yang nyaman dan bersih.

“Kalau dahulu rumah kecil dan tidak layak guna, sekarang rumahnya bagus dan sangat layak untuk ditempati oleh saya dan keluarga. Doa terbaik kami sampaikan, semoga berkah dan Allah balas segala kebaikan Tim Global Zakat-ACT Tasikmalaya dan juga semua pihak yang membantu saya,” ungkap Bambang pada Rabu (24/11/2021).

Rumah permanen yang baru saja rampung itu menggantikan gubuk berukuran 2x3 yang sebelumnya ia tinggali. Gubuk itu berada tepat bersebelahan dengan kandang kambing milik tetangga yang ia urus. Di sana Bambang tinggal bersama Anita, anak semata wayangnya.


Kondisi rumah Bambang sebelum direnovasi. (ACTNews/Rimayanti)

Sebelum mengurus kambing, Bambang bekerja sebagai pemotong kayu, namun tepat pada tahun 2009 ia mengalami kecelakaan kerja. Sejak musibah tersebut, orang tua tunggal ini mesti mengikhlaskan empat jari tangannya diamputasi akibat terkena mesin pemotong kayu.

Selain kehilangan jari, sejak kejadian tersebut ia juga kehilangan pekerjaan. Sekarang di samping mengurus kambing milik tetangga, Bambang juga bekerja serabutan. Lebih sering ia diminta membersihkan lahan atau halaman rumah orang lain.


Bambang melewati hidup yang cukup sulit. Tetapi Anita yang menjadi penyemangat di tengah kesulitan tersebut. Ia terus berikhtiar supaya Anita bisa terus bersekolah. Begitu juga dengan Anita yang ingin membahagiakan Bambang dan berkeingan memberikan sang bapak rumah yang layak.

Salah satu mimpi Bambang dan Anita tersebut kini dapat terwujud berkat dukungan dari para dermawan yang telah digalang sejak Desember 2020 lalu, dan diimplementasikan lewat Global Zakat-ACT Tasikmalaya. “Setiap kali salat selalu berdoa. Dan jujur tidak pernah menyangka akan dapet bantuan rumah,” tutup Bambang. []