Sepanjang Januari, Kedermawanan Bantu Ratusan Ribu Warga Dunia Hadapi Krisis

Sepanjang Januari 2022, 123 ribu warga dunia terbantu lewat aksi kemanusiaan ACT. Dari mulai Asia hingga Afrika, bantuan Sahabat Dermawan tersalurkan melalui berbagai program untuk meredam berbagai permasalahan kemanusiaan.

aksi internasional ACT
Ilustrasi. Sepanjang Januari 2022, 123 ribu warga dunia terbantu lewat aksi kemanusiaan. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA – Tidak hanya di dalam negeri, bantuan kemanusiaan ACT dari Sahabat Dermawan juga tersalurkan hingga ke berbagai belahan dunia. Sepanjang Januari 2022, tercatat lebih dari 123 ribu warga di berbagai negara telah dibantu dermawan untuk menghadapi berbagai permasalahan kemanusian.

ACT menyalurkan bantuan kemanusiaan lewat berbagai program, dengan mayoritas bantuan musim dingin. Sebab, awal tahun hingga beberapa bulan ke depan, sejumlah negara khususnya di wilayah Timur Tengah dan sekitarnya yang sedang dilanda konflik kemanusiaan dan krisis sumber daya, tengah dilanda puncak musim dingin.

"Musim dingin amat mencekam di beberapa negara seperti Palestina, Suriah, hingga Kashmir, suhu rata-rata di bawah 0 derajat celcius. Mayoritas masyarakat di sana merupakan keluarga miskin yang tinggal di bangunan ala kadarnya yang tak mampu menahan udara dingin,” ungkap Said Mukaffiy dari tim Global Humanity Response ACT, Senin (31/1/2022). 

Bantuan musim dingin, sebut Said, di antaranya adalah distribusi makanan dan pakaian hangat, mesin penghangat ruangan, hingga bantuan bahan bakar. Selain itu, terdapat bantuan berupa renovasi rumah keluarga Palestina yang hancur akibat konflik. Renovasi ini diharapkan mampu membantu keluarga tersebut menghadapi musim dingin.

Tidak berhenti di bantuan musim dingin, uluran kedermawanan masyarakat Indonesia juga hadir untuk warga di Benua Hitam. Di sana, Sumur Wakaf dibangun, tepatnya di wilayah Ghana yang rawan krisis air. Bantuan pangan pun tertunaikan di Somalia untuk meredam kerawanan pangan.

"Tidak hanya itu. penduduk Musim di Afrika juga cukup banyak, bantuan ACT juga hadir untuk mendukung peradaban Islam di sana. Aksi distribusi mushaf Al-Qur’an misalnya. Total, ribuan mushaf telah diberikan untuk ribuan muslim di Mali pada Januari ini," jelas Said.

Said menambahkan, pada 2022, ACT akan terus memaksimalkan berbagai program kemanusiaan untuk terus menebar kebaikan ke setiap penjuru dunia. Untuk itu, ia mengajak seluruh Sahabat Dermawan ambil bagian dalam ikhtiar dan terlibat aktif menuai kebaikan bersama.[]