Sepanjang Ramadan, Aksi Kebaikan ACT dan Dermawan Jangkau Ratusan Ribu Warga Dunia

Sepanjang bulan Ramadan, ACT bersama para dermawan telah memberikan bantuan terbaiknya kepada 845.665 warga di berbagai penjuru dunia, yang tengah menghadapi berbagai permasalahan kemanusian.

aksi Ramadan act
Ilustrasi. Selama Ramadan, puluhan aksi kemanusiaan telah dilakukan ACT untuk masyarakat mancanegara. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA – Bulan Ramadan 1443 Hijriah telah memasuki penghujungnya. Bersama dengan para dermawan dan relawan, berbagai aksi kebaikan dan kemanusiaan telah dijalankan Aksi Cepat Tanggap (ACT) di berbagai wilayah di penjuru dunia selama bulan suci tersebut. Lewat berbagai program, ACT menyampaikan amanah para dermawan untuk membantu saudara-saudara muslim yang tengah dilanda kesulitan di negaranya.

Mulai dari krisis pangan, air bersih, kesehatan, hingga krisis peralatan peribadatan telah ACT ikhtiarkan untuk memberi bantuan terbaiknya. Per Ahad (1 Mei 2022), total 845.665 warga di berbagai negara telah menerima bantuan dari para dermawan melalui ACT.

"Aksi yang dilakukan pun beragam, sesuai dengan kebutuhan saudara kita di sana. Mulai dari bantuan logistik, pembangunan Sumur Wakaf, pembagian air bersih melalui Mobile Water Tank,  bantuan pangan siap saji untuk sahur dan berbuka, hingga distribusi mushaf Al-Qur’an," ujar Andi Noor Faradiba dari tim Global Humanity Network ACT, Senin (2/5/2022).

Andi menjelaskan, ada 12 negara yang telah menerima bantuan selama Ramadan. Di antaranya yaitu untuk masyarakat Palestina, pengungsi di Yaman, Suriah, dan Lebanon. Kemudian juga untuk pengungsi Rohingya di Myanmar dan Bangladesh, serta untuk pengungsi Uighur di Turki.

"Palestina menjadi negara dengan jumlah aksi dan penerima manfaat terbanyak. Selama Ramadan ini, masyarakat di sana telah menghadapi berbagai kesulitan. Dari mulai krisis air bersih, kemiskinan yang semakin parah, dan ditambah adanya sejumlah serangan yang dilakukan zionis Israel" ucap Andi.

Tidak hanya itu, bantuan kemanusiaan juga sampai ke negara-negara di Benua Afrika. Di antaranya yaitu Somalia, Mali, Kenya, Ghana, dan Gambia. Untuk masyarakat Afrika, bantuan didominasi distribusi mushaf Al-Qur’an.

 

Muslim Afrika menerima mushaf Al-Qur’an dari tim ACT. (ACTNews)

Sebab, umat muslim di sana sangat kesulitan untuk mendapat Al-Qur’an. Selain dilanda kemiskinan, jumlah produksi mushaf di sana juga terbatas. Dengan didistribusikannya ribuan mushaf di Afrika, diharapkan mampu meningkatkan tilawah umat muslim di sana selama Ramadan.

"Aksi-aksi ini gencar kami lakukan di Ramadan, agar saudara-saudara muslim negara lain yang tengah menghadapi krisis, dapat pula merasakan kebahagiaan Ramadan layaknya mayoritas muslim di Indonesia. Sebab, bulan Ramadan dan bulan penuh berkah, dan sepatutnya dirayakan dengan ceria oleh seluruh umat di dunia," jelas Andi. []