Sepenggal Aksi Humanity Food Truck di Ramadan 2020

Humanity Food Truck hadir membersamai masyarakat di bulan suci dan Idulfitri 1441 Hijriah. Masih dalam kondisi pandemi Covid-19, Humanity Food Truck membersamai para petugas medis di Pulau Galang Riau, pekerja informal, hingga masyarakat prasejahtera di ibu kota.

Miss Indonesia 2020 Carla turut dalam proses memasak di Humanity Food Truck saat berada di kawasan Tanah Abang, Mei 2020. Saat itu, 800 porsi hidangan Humanity Food Truck disiapkan untuk iftar. (ACTNews/Manggala)

ACTNews, JAKARTA – Kesediaan pangan masyarakat menjadi hal yang krusial pada Ramadan tahun lalu. Kondisi itu juga hadir seiring pembatasan sosial berskala besar dan kemerosotan ekonomi. Meredam hal itu, Aksi Cepat Tanggap mengaktivasi Humanity Food Truck untuk menyediakan pangan masyarakat prasejahtera selama Ramadan.

Di awal Ramadan, Humanity Food Truck bersandar di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau. Humanity Food Truck menghadirkan makanan siap saji untuk para tenaga medis di Rumah Sakit Darurat Covid-19. Humanity Food Truck mendukung kebutuhan pangan paramedis yang melewati Ramadannya dengan menjadi garda terdepan menangani pasien.

Aksi Humanity Food Truck pun diapresiasi Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau Buralimar. “Saya selaku Kepala Dinas Pariwisata mewakili PLT Gubernur Kepulauan Riau mengucapkan terima kasih banyak kepada ACT yang telah memberi dukungan berupa layanan makan gratis di RSD Covid-19 Pulau Galang,” ungkap Buralimar, yang juga anggota tim Gugus Tugas Covid-19 Kepulauan Riau. Apresiasi ini juga diabadikan dalam piagam penghargaan atas keterlibatan ACT dalam penanganan Covid-19 di Kepri.


Tim ACT mengantarkan bantuan di kawasan Kampung Muka. (ACTNews/Akbar)

Selain di Kepulauan Riau, Humanity Food Truck juga menyapa masyarakat di berbagai daerah. Amanah dermawan hadir hingga hari raya Idulfitri.

Sutarmi, juru parkir di Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta Selatan, yang masih harus mencari nafkah di hari raya menjadi salah satu penerima manfaat Humanity Food Truck. “Bukan senang lagi, kita kan dibantu, ya senang sekali. Kita ikut makan dan ikut kebagian. Semua makanannya bagus-bagus (enak),” kata Sutami.


Begitu juga di Kampung Muka, Kelurahan Angke, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara. Sebanyak 500 paket makanan siap santap juga menyapa warga di hari raya. Warga pun senang karena bukan kali ini saja ACT datang ke wilayah mereka. "Ya alhamdulillah, ada bantuan. Kemarin kan ACT ada pembagian beras juga, lalu ada telur dan minyak juga bantuan dari orang lain. Jadi untuk Lebaran ini kita masak opor telur,” ucap Marfuah salah satu warga penerima manfaat Humanity Food Truck.

Masih dalam kondisi pandemi, sajian Humanity Food Truck juga akan kembali menyapa masyarakat di Ramadan hingga Idulfitri 2021 ini. Empat armada Humanity Food Truck telah disiapkan menyambut bulan suci yang akan tiba kurang dari satu bulan mendatang.[]