Serangan Israel Hancurkan Kamp Pengungsian dan Permukiman di Gaza

Hingga Senin (17/5/2021), sekitar 1.000 unit rumah di Gaza hancur total akibat serangan Israel.

serangan israel
Serangan udara Israel mengenai daerah-daerah padat penduduk di Gaza. (Reuters)

ACTNews, GAZA - Serangan Israel tidak hanya mengincar gedung-gedung perkantoran belasan lantai, tetapi juga pemukiman warga dan lokasi pengungsian. Hingga Senin (17/5/2021) sekitar 1.000 unit perumahan rusak total. ACT merangkum beberapa serangan yang menyasar permukiman masyarakat yang menewaskan warga sipil. Berikut lima lokasi permukiman dan pengungsian yang dihancurkan Israel.

1.Pengungsian Al Maghazi, Deir Al Balah, Jalur Gaza

Pengungsian Al Maghazi menjadi sasaran serangan roket Israel. Tidak ada korban jiwa yang dilaporkan, namun serangan mengenai jalan-jalan utama dan merusaknya hingga membuat jalanan tersebut berlubang. Akibatnya, saluran pipa yang berada bawah tanah juga bocor sehingga memutus saluran air warga.

2. Yibna, Rafah

Roket Israel meledak di rumah salah satu keluarga Abu Shammala di Yibna, Rafah. Hanya dengan satu terjangan roket, rumah tersebut hancur menjadi puing. Tidak ada korban jiwa yang dilaporkan dari kejadian ini karena keluarga tersebut telah lebih dahulu mengungsi ke tempat yang aman.  

    3. Yarmouk, Jalur Gaza Tengah  

    Bangunan tempat tinggal warga Gaza berlantai enam di Yarmouk, Gaza Tengah hancur dengan serangan roket Israel dalam beberapa detik saja. Penyerangan bangunan ini sangat disayangkan karena ditempati oleh puluhan keluarga Gaza.  

    4. Bethlehem

    Serangan terhadap warga Palestina juga terjadi di Kota Betlehem. Pasukan pendudukan Israel menggunakan pistol berpeluru dan gas air mata untuk melakukan intimidasi ke orang-orang Palestina yang sedang melakukan aksi protes di pintu masuk utama kota Bethlehem. Puluhan tentara Israel berpatroli di sekitar jalan dan melepaskan tembakan dengan suara yang memekakkan telinga. Sedangkan di kawasan Syekh Jarrah, tindakan opresif  dilakukan pasukan Israel dengan  menembak seorang warga Palestina dengan dalih memasuki kawasan Israel.


    5. Deir Al Balah

    Serangan di Deri Al Balah mengenai rumah seorang warga sipil bernama Saleh yang menyebabkan salah satu anggota keluarganya meninggal. Akibat serangan ini pula, Saleh kehilangan tempat tinggal dan harus mengungsi.[]