Seribu Bakau Ditanam Dukung Pelestarian Lingkungan

Dalam memperingati Hari Ulang Tahun ke-125 Kota Balikpapan, Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Kaltim didukung Pegadaian menggelar aksi penanaman bibit bakau di kawasan Graha Indah Balikpapan Utara, pertengahan Februari ini.

act kaltim
Seremoni penanaman bakau di Balikpapan. (ACTNews)

ACTNews, BALIKPAPAN – Kerap diterjang banjir sepanjang tahun 2021, membuat Aksi Cepat Tanggap (ACT) menginisiasi program penghijauan di Balikpapan. Salah satu yang dilakukan ialah penanaman bibit bakau di pesisir pantai Kota Balikpapan.

Dalam aksi kali ini, selain melibatkan relawan Masyarakat Relawan Indonesia Kaltim, Pegadaian Kota Balikpapan pun turut mendukung program penghijauan. Berbagai komunitas pun turut serta, seperti Komunitas Cakep, Earth Hours, Komunitas Relawan Mahasiswa Universitas Balikpapan, Komunitas Pendaki Kalimantan Cabang Balikpapan dan STEIN.

Penghijauan ini dimulai dari pesisir di kawasan Graha Indah dengan 200 bibit bakau. Secara bertahap, penanaman akan diluaskan ke berbagai titik hingga mencapai seribu pohon bakau yang ditanam.

Ali Mustaat, Deputi Wakil Bidang Operasional Kanwil 4 Pegadaian Kota Balikpapan, mengatakan, penanaman bibit bakau ini merupakan wujud nyata kepedulian pelestarian lingkungan, terutama di kawasan Graha Indah.

“Harapan kami, melalui aksi ini, dapat terwujud pengurangan abrasi dan kenaikan air di musim hujan. Ini merupakan ikhtiar kita bersama mencegah banjir,” ungkap Ali.

Ali pun berharap, kawasan bakau ini nantinya tak sebatas benteng bencana. Akan tetapi, juga dapat dimanfaatkan untuk tempat wisata berbasis edukasi lingkungan, khususnya untuk para generasi penerus bangsa.

“Dengan lestarinya kawasan bakau ini, juga bisa menghidupkan perekonomian warga sekitar,” tambah Ali.

Sementara itu, Budi Cahyanto dari tim Program ACT Kaltim, mengatakan, aksi di bidang pelestarian lingkungan bukan kali pertama ACT gelar. Beberapa bulan lalu, aksi serupa juga terselenggara di Daerah Aliran Sungai Manggar, Balikpapan Timur.[]