Seribu Mushaf Al-Qur’an Hadir untuk Masyarakat Madagaskar

Seribu mushaf Al Qur’an didistribusikan untuk muslim di Madagaskar. Diharapkan, dengan bantuan ini, muslim di Madagaskar akan semakin giat dalam mengaji dan menghafal Al-Qur’an.

mushaf Alquran madagaskar
Muslim di Madagaskar menerima bantuan mushaf Al-Qur’an dari tim ACT. (ACTNews)

ACTNews, MADAGASKAR – Dari 28 juta populasi Madagaskar, tujuh persennya merupakan muslim. Meskipun minoritas, semangat mereka dalam menimba ilmu agama tidak pernah berkurang, termasuk dalam hal membaca kitab suci Al-Qur’an.

Namun, semangat mereka tidak didukung dengan dengan kondisi yang memadai. Firdaus Guritno dari tim Global Humanity Response ACT mengatakan, di Madagaskar sangat sulit bisa mendapatkan mushaf Al-Qur’an. 

Merespons kondisi tersebut, ACT menyampaikan amanah Sahabat Dermawan dengan memberikan bantuan mushaf Al-Qur’an ke warga Madagaskar. Tidak kurang dari seribu mushaf didistribusikan untuk seribu warga muslim di tiga wilayah Madagaskar, yaitu Distrik Antananarivo, Distrik Majunga, dan Distrik Fianarantsoa.

Firdaus menuturkan, Ketiga distrik tersebut dipilih menjadi lokasi distribusi sebab populasi muslim di sana yang cukup banyak. Dalam mendistribusikan Al-Qur’an, tim ACT harus melalui serangkaian pemeriksaan dan regulasi yang sangat ketat di Madagaskar.

“Distribusi mushaf Alquran ini diharapkan menjadi sebuah dukungan untuk masyarakat Madagaskar. Khususnya anak-anak yang tengah belajar mengaji dan menghafal Al-Qur’an serta pelajaran agama Islam,” ujar Firdaus, Senin (2/8/2021).

Proses distribusi juga dimeriahkan dengan lomba tahfiz yang diikuti oleh sejumlah anak-anak muslim di Madagaskar. Aksi ini juga diharapkan memotivasi dan meningkatkan jumlah anak-anak yang ikut dalam program tahfiz.

"Tidak hanya anak-anak, bantuan mushaf Al-Qur’an juga bermanfaat untuk orang dewasa. Mereka akan dimudahkan dalam mempelajari Al-Qur’an. Sebab, bukan saja anak anak, orang dewasa di sana juga masih banyak yang belum pernah melihat Al-Qur’an dalam bentuk cetak secara langsung. Apalagi memiliki mushaf," pungkas Firdaus.[]